3 Gejala Awal Kolesterol Tinggi yang Perlu Diketahui

loading...
3 Gejala Awal Kolesterol Tinggi yang Perlu Diketahui
Kolesterol tinggi biasanya tidak menyebabkan gejala yang nyata, tetapi mendeteksi tanda-tanda awal ini dapat mencegah komplikasi kesehatan yang serius. Foto/Express.
JAKARTA - Kolesterol tinggi biasanya tidak menyebabkan gejala yang nyata, tetapi mendeteksi tanda-tanda awal ini dapat mencegah komplikasi kesehatan yang serius. Seperti halnya penyakit jantung dan stroke .

Menurut NHS, kolesterol tinggi adalah ketika Anda memiliki terlalu banyak zat lemak dalam darah. Kondisi ini disebabkan kombinasi faktor gaya hidup, terutama makan terlalu banyak makanan berlemak, tidak cukup berolahraga, merokok dan minum alkohol.

Tingkat kolesterol yang lebih tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke, karena pembuluh darah tersumbat.

"Orang sering berbicara tentang tekanan darah sebagai pembunuh diam-diam, tetapi kolesterol juga bisa," kata Ahli jantung sekaligus ketua pengobatan pencegahan di Universitas Northwestern, Donal Lloyd-Jones.



Baca Juga: Gejala Kolesterol Tinggi di Kaki, Waspadai 3 Tanda Ini

Berikut adalah tiga tanda awal kolesterol tinggi yang harus diwaspadai seperti dilansir dari Express, Rabu (13/10/2021).

1. Kondisi Kesehatan Kronis

"Ada beberapa kondisi yang dapat meningkatkan kolesterol sebagai semacam efek samping," jelas Lloyd-Jones.

Dia menjelaskan bahwa kolesterol dapat meningkat secara tidak terduga pada orang dengan penyakit ginjal, karena kondisi ginjal menyebabkan kehilangan protein dalam urinnya, yang coba diganti oleh tubuh dengan menciptakan kolesterol jahat.

Kelainan tiroid dan diabetes dapat mempengaruhi metabolisme kolesterol, yang mengarah ke tingkat yang berpotensi lebih tinggi dari normal. Kondisi peradangan kronis seperti lupus, rheumatoid arthritis, dan psoriasis dapat meningkatkan risiko seseorang terkena serangan jantung dan stroke.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top