Anjing Sakit Tidak Mau Makan dan Lemas, Begini Cara Mengatasinya!

Kamis, 14 Oktober 2021 - 18:46 WIB
loading...
Anjing Sakit Tidak Mau Makan dan Lemas, Begini Cara Mengatasinya!
Anjing sakit tidak mau makan dan lemas, bagaimana cara mengatasinya? Foto/Dogs Best Life
A A A
JAKARTA - Anjing sakit tidak mau makan dan lemas, kondisi ini tentu saja membuat cemas sang pemiliknya. Tak hanya manusia, ternyata hewan peliharaan juga bisa kehilangan nafsu makan , termasuk njing kesayangan Anda. Anjing yang biasanya lincah, pasti akan terlihat lemas jika kehilangan nafsu makan.

Banyak hal yang bisa menyebabkan anjing tak nafsu makan. Bisa jadi Anda terlalu memanjakan anjing peliharaan, sedang sakit, atau bahkan sedang stres. Anjing yang tidak mau makan bisa lemas dan lebih mudah terserang penyakit. Ia pun jadi tidak seaktif biasanya. Kalau sudah begini.

Agar tak berlanjut, kondisi ini harus ditangani. Seperti dikutip dari laman Halodoc, ini cara mengatasi anjing yang tak mau makan dan lemas:



1. Bikin Jadwal Makan Lebih Teratur

Pemberian makan yang tidak teratus bisa menjadi salah satu penyebab menurunnya nafsu makan pada anjing. Jangan meletakkan mangkuk makan di hadapannya jika anjing sedang tidak bernafsu makan, karena justru hal tersebut akan membuat ia semakin malas makan.

Sebisa mungkin, buatlah jadwal makan lebih teratur untuknya seperti waktu makan kamu, mulai pagi, siang, hingga sore atau makan malam. Atur jadwal makan anjing sesuai dengan usianya. Anak anjing hingga usianya 3 bulan, berikan makan hingga empat kali dalam sehari berjarak antara 4–5 jam.

Lalu, anjing yang usianya sudah lebih dari 3 bulan bisa kamu beri makan sebanyak tiga kali sehari dengan jeda waktu antara 6–7 jam. Sementara untuk anjing yang sudah berusia lebih dari 6 bulan, berikan makan sebanyak dua kali dengan jeda waktu 12 jam.

2. Jangan Berikan Camilan Berlebihan

Seperti halnya pada manusia, jika anjing terlalu banyak makan camilan maka nafsu makannya akan turun. Apalagi jenis camilan yang memiliki banyak rasa. Ini akan membuat anjing kamu lebih menyukai camilan dan menolak makanan utamanya.Sebaiknya berikan camilan sebagai selingan sebanyak sekali atau dua kali saja dalam sehari di sela waktu makan dan berikan dalam porsi yang pas alias tidak berlebihan.

3. Coba Berikan Stimulasi

Salah satu cara mengembalikan nafsu makan anjing adalah dengan memberikan stimulasi atau rangsangan. Stimulasi bisa dilakukan dengan memberikan aroma dan mengudap makanan di depan anjing kesayangan. Dengan cara ini, rasa lapar anjing akan terangsang secara alami.

Lakukan hal ini secara berkala sebelum jam makannya. Hindari memberikan kulit ayam atau tulang sebagai kudapan. Sebagai gantinya, berikan daging putih rendah lemak untuk mengembalikan nafsu makannya.

Baca Juga : Obat Cacingan Kucing yang Wajib Diketahui, Ini Rekomendasinya!

4. Makan Bersama dengan Anjing Lainnya

Makan bersama dengan anjing lainnya bisa menjadi cara lain mengembalikan nafsu makannya. Ini akan memacu keinginannya untuk kembali makan dengan lahap secara naluriah. Tetap pastikan kamu melakukannya tepat pada saat waktu makan tiba, ya.
Jika cara di atas masih belum mengembalikan nafsu makan anjin, Anda bisa memberinya vitamin dan menanyakan pada dokter cara lain yang mungkin belum dicoba.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1646 seconds (0.1#10.140)