Sinar UV Kurangi Penularan Corona dengan Mendisinfeksi Permukaan

Rabu, 22 April 2020 - 10:00 WIB
loading...
Sinar UV Kurangi Penularan Corona dengan Mendisinfeksi Permukaan
Bukan hanya cairan dan semprotan desinfektan, sinar UV juga dapat membantu memerangi infeksi coronavirus. Foto/Thetruthaboutcancer.com
A A A
JAKARTA - Teknik pencegahan yang mencakup jarak sosial, tinggal di dalam rumah, dan menjaga kebersihan dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air disebut-sebut sebagai senjata terbaik menangkal coronavirus yang menyebabkan pandemi COVID-19.

Dilansir dari laman Times Now News, dengan tidak adanya obat dan vaksin, sangat penting untuk memastikan Anda tidak melakukan kontak dengan pembawa virus dan tak terinfeksi.

Menurut sebuah laporan baru, bukan hanya cairan dan semprotan desinfektan, sinar UV juga dapat membantu memerangi infeksi coronavirus. Penelitian telah menemukan bahwa LED ultraviolet dapat mendisinfeksi permukaan serta mengurangi risiko transmisi COVID-19.

Studi ini diterbitkan di dalam jurnal ACS Photonics dan menunjukkan bahwa sementara sinar ultraviolet telah banyak digunakan untuk mendisinfeksi permukaan, efektivitasnya terhadap coronavirus sebetulnya belum teruji. Namun, jika berhasil, ini dapat membantu mengurangi penularan virus secara signifikan.

Di sisi lain, cara ini dapat pula digunakan secara luas di rumah sakit ataupun klinik untuk mendisinfeksi peralatan medis dan pelindung diri.

UV LED mungkin masih harus lebih efisien dan hemat biaya digunakan untuk mendisinfeksi permukaan pada kasus COVID-19. Selama penelitian, para ilmuwan telah melaporkan metode yang lebih mudah untuk membuat LED ultraviolet berkualitas tinggi.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3051 seconds (0.1#10.140)