6 Tips Rencanakan Perjalanan untuk Traveler Pemula

Minggu, 17 Oktober 2021 - 11:26 WIB
loading...
6 Tips Rencanakan Perjalanan untuk Traveler Pemula
Sebuah perjalanan wisata membutuhkan perencanaan yang matang. Terlebih jika Anda tergolong traveler pemula. Foto Ilustrasi/Getty Images
A A A
JAKARTA - Sebuah perjalanan wisata membutuhkan perencanaan yang matang. Terlebih jika Anda tergolong traveler pemula. Simak tips berikut agar rencana perjalanan Anda sukses.

Mungkin ada kalanya Anda iri ketika melihat teman-teman atau postingan di media sosial di mana orang lain selalu menjelajahi tempat baru dengan penuh keseruan.

Tapi, di sisi lain Anda mungkin juga bingung meluangkan waktu untuk menjadi traveler, atau bahkan masih ragu bagaimana caranya bisa menjadi traveler seperti mereka.



Nah, biar tak salah langkah, ada baiknya Anda membaca tips berikut ini terlebih dulu, sebagaimana dilansir dari laman Travel Dudes pada Minggu (17/10/2021).

1. Pertimbangkan Pakaian Anda

Anda tidak harus berpakaian bagus, tapi Anda mungkin harus mengikuti beberapa aturan dasar. Pertama, lakukan pencarian terlebih dulu sebelum berangkat ke destinasi wisata Anda.

Lihat bagaimana cara mereka berpakaian, dan apa yang dianggap tidak sopan di sana. Misalnya, orang Amerika Utara tidak suka mengenakan kaus kaki putih. Dengan demikian, jangan menggunakan benda ini ketika berkunjung ke sana.

Tidak apa-apa untuk mempertahankan selera gaya sendiri, tetapi jika Anda ingin orang memperlakukan Anda lebih adil, maka menghindari stereotip adalah ide yang baik.

2. Masalah Uang

Berapa banyak uang tunai yang harus Anda ambil dan dalam bentuk apa? Pendekatan paling sederhana adalah melupakan cek perjalanan dan uang tunai dalam jumlah besar. Sebagai ganti, bawa kartu ATM Anda dan tarik uang Anda sesuai kebutuhan.

Cobalah untuk menarik uang yang setara dengan beberapa ratus ribu sekaligus. Dengan cara ini Anda tidak perlu membayar mahal biaya transaksi, tetapi jika Anda kehilangan uang tunai atau dirampok, itu bukanlah akhir dunia.

Sebagian besar kota dan hampir semua bandara terhubung akhir-akhir ini. Salah satu tips perjalanan terbaik untuk pemula adalah jika Anda akan berada di bandara atau melewatinya, Anda harus baik-baik saja dengan menarik uang.

3. Anggaran

Selain mempersiapkan anggaran untuk wisata, siapkan juga anggaran untuk biaya tak terduga. Seperti bujet suvenir, uang cadangan jika Anda kehilangan sesuatu di tempat tujuan atau bahkan dicuri, serta biaya jajan jikalau Anda ingin mencicipi makanan khas yang hanya bisa didapatkan di daerah tersebut.

4. Antisipatif

Salah satu hal terbaik tentang liburan adalah kegembiraan antisipatif. Karena itu, bacalah setiap blog yang bisa Anda dapatkan (akan ada banyak, ke mana pun Anda pergi.) Beli atau pinjam panduan perjalanan. Jelajahi forum. Buka YouTube dan cari video dari beberapa tujuan Anda.

5. Jadilah Realistis

Jangan berharap untuk bersenang-senang setiap saat. Ketahui juga bahwa Anda perlu beberapa hari untuk beristirahat. Minggu pertama Anda berlari dengan adrenalin dan mencintai setiap momennya, tetapi tubuh Anda akan membalas dendam.

Yang terpenting, jangan berencana pergi ke terlalu banyak tempat. Banyak pelancong pertama kali ingin melihat dunia. Tapi jangan menjejalkan terlalu banyak.

Hampir tidak ada tempat yang bisa Anda kunjungi yang tidak ingin Anda habiskan setidaknya seminggu. Anda perlu memiliki cukup waktu untuk melakukan lebih dari sekadar mengambil beberapa foto wajib sebelum menuju ke tujuan Anda berikutnya.



6. Mengemas Barang

Ada banyak saran tentang pengepakan, dan sebagian besar menyangkut pentingnya pengepakan yang ringan. Bawa tidak lebih dari 3-4 pakaian dan dua pasang sepatu. Dan, ya, sandal dihitung sebagai satu pasang. Pengemasan ringan sangat penting, tetapi tidak sesederhana itu.

Beberapa hal tambahan yang sangat diperlukan wisatawan meliputi baterai ekstra, peta, setumpuk kartu, senter, sendok garpu plastik, lakban, tas cucian, dan tali jemuran. Jam perjalanan juga bisa sangat berguna.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1418 seconds (0.1#10.140)