Wujud Kreasi di Masa Pandemi, Ajang D’Youth Fest 2021 Resmi Dibuka

Minggu, 17 Oktober 2021 - 12:12 WIB
loading...
Wujud Kreasi di Masa Pandemi, Ajang D’Youth Fest 2021 Resmi Dibuka
DYouth Fest 2021 dibuka oleh Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakilnya, I Kadek Agus Arya Wibawa, pada Sabtu (16/10/2021) sore. Foto/Istimewa
A A A
DENPASAR - Ajang ekspresi dan kreasi anak muda bertajuk Denpasar Youth Festival (D'Youth Fest) 2021 telah resmi dibuka pada Sabtu (16/10/2021) sore. Pembukaan acara yang dilakukan oleh Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakilnya, I Kadek Agus Arya Wibawa, ditandai dengan melepas Tamia dan memasangkan sayap penari I Kedis Tenggek di Gedung Dharma Negara Alaya.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Jaya Negara menggoreskan gambar berbentuk tanda tambah (positif) yang bermakna positif dan kemajuan. Sedangkan Arya Wibawa menggoreskan gambar bulat yang bermakna keberlanjutan yang tidak pernah putus.



Kegiatan yang diharapkan menjadi ruang ekspresi dan kreativitas anak muda Kota Denpasar ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober dan akan berlangsung hingga 7 November 2021.

Pembukaan D'Youth Fest 2021 berlangsung meriah namun tetap menerapkan protokol kesehatan. Beragam komunitas anak muda Denpasar turut berkolaborasi dalam pembukaam D'Youth Fest 2021. Mulai Alffy Rev, Yudist Ardhana, Gus Agung Gotama, Meiska Adinda Ft. Dhima, Rivia Laksita, Novafuxnbums, Naluri Manca, Gambelan Pesel hingga Bali Extrem Drummer.

Walikota Jaya Negara mengatakan, pandemi Covid-19 yang berkepanjangan telah membatasi gerak dan jarak hampir seluruh masyarakat dunia, tak terkecuali masyarakat di Kota Denpasar. Meski demikian, bagi masyarakat kreatif terutama kalangan muda, apa pun yang terjadi, pilihannya adalah terus bergerak maju, berkreasi, serta berinovasi dengan menerapkan penyesuaian di sana-sini.

“Sesuai visi Denpasar Kota Kreatif Berwawasan Budaya Menuju Denpasar Maju, kami memberikan ruang kreativitas generasi muda menciptakan aksi, memberikan reaksi, dan menghasilkan kreasi dalam pengembangan potensi. Meski demikian, penerapan protokol kesehatan menjadi point penting pelaksanaan kegiatan ini,” jelas Jaya Negara yang juga seorang seniman.

Jaya Negara menjelaskan, pada gelaran kali ini, spirit I Tengkek Ngindang atau Burung Raja Udang Biru maskot kebanggaan Kota Denpasar menjadi ikon pelaksanaan D’Youth Fest 2021. Hal ini melambangkan simbul kekuatan, ketangkasan, dan kelincahan.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Kota Denpasar MA Dezire Mulyani bersama Ketua Harian Bekraf Kota Denpasar I Putu Yuliarta serta Kabid Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekraf I Wayan Hendaryana menambahkan, event D’Youth Fest 2021 melibatkan sedikitnya 1.000 merchat UMKM. Pelaksanaan kegiatan ini terlaksana atas kolaborasi pemerintah, swasta, komunitas, serta akademisi dengan Bekraf Denpasar.

“Bersama-sama kami bergerak menumbuhkan jiwa wirausaha sehingga unggul dalam kualitas SDM, dan menjadi wahana yang memberikan kesempatan bagi mereka untuk berkarya dengan kreativitas tanpa batas sekaligus memperkuat tradisi namun tetap adaptasi dengan digitalisasi,” paparnya.



Denpasar Youth Fest 2021 akan dilaksanakan secara hybrid di Dharma Negara Alaya dan Kawasan Tukad Bindu Kesiman. Sajian kompetisi serta eksibisi dari festival yang melibatkan anak muda ini dikemas dalam beragam kegiatan. Yakni Lomba Tari Tradisional, Lomba Busana Adat, Lomba Lagu Pop, Lomba Aransemen Lagu TTD, Lomba Gong Suling Virtual, Lomba Baleganjur Virtual Alaya Khoreography Dance Competition, serta Lomba Kostum Carnaval dan Festival.

Ada juga Lomba Illustration Design, Lomba Video Creation TikTok, Lomba Cover Jingle, DNA Live, Pameran Seni Badan Birokrasi (PSBB), Denpasar Barber Viesta, D'Youth Skateboard Competition, Signature Barista Competition, D'Youth Mini 4WD Open Race, Student Band Battle, dan D'Youth Photography Contest.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1317 seconds (0.1#10.140)