Peran Ayah Sangat Penting Selama Masa Pemberian ASI

Rabu, 22 April 2020 - 10:25 WIB
loading...
Peran Ayah Sangat Penting Selama Masa Pemberian ASI
Seorang ibu juga membutuhkan dukungan dari suami selama mempersiapkan masa menyusui. / Foto: ilustrasi/Showbiz Cheat Sheet
A A A
JAKARTA - Peran dan dukungan dari ayah sangat penting selama ibu melakukan proses menyusui sang bayi. Dalam mempersiapkan masa menyusui, ibu tidak hanya memerlukan asupan gizi, namun juga dukungan moral dari keluarga terutama suami. Ini sebagaimana diungkapkan konselor ASI, dr. Ameetha Drupadi, CIMI. saat peluncuran ASI Booster Herba Asimor, Selasa (21/4).

(Baca juga: Ini Superhero dan Penjahat MCU yang Paling Banyak Dicari )

Menurutnya, ayah diharapkan aktif dalam mengambil keputusan, mempunyai sikap yang positif, mempunyai pengetahuan yang luas tentang keuntungan menyusui, dan memiliki inisiatif untuk mendekatkan diri dengan bayi melalui kehadirannya saat proses persalinan dan kontak lebih dekat dengan bayi selama masa neonatal.

"Ayah juga harus mampu berinteraksi lebih erat dengan bayinya melalui pengenalan sinyal-sinyal yang dikeluarkan oleh bayi. Selain itu, ayah juga harus banyak membaca dan mengikuti perkumpulan orang tua, serta memberikan perhatian kepada istri yang sedang dalam masa menyusui misalnya dengan melakukan pijatan punggung sehingga diharapkan dapat meningkatkan hormon oksitosin yang dapat memperlancar ASI," papar dr. Ameetha.

Selain itu, ibu juga perlu mempersiapkan proses menyusui melalui konseling. Seperti dikatakan bidan Brian Sahar dari komunitas Bidan Pencerah Nusantara bahwa melalui konseling tersebut, diharapkan ibu mendapatkan panduan yang tepat bagaimana posisi menyusui yang benar.

"Posisi yang benar saat proses menyusui termasuk bagaimana peletakkan bibir bayi ke puting ibu, sangat memengaruhi kenyamanan saat menyusui dan produksi ASI," kata Brian Sahar.

Terkait dengan dukungan ayah terhadap ibu, Brian Sahar menambahkan bahwa ayah dapat memberikan dukungan dengan memberikan motivasi dan semangat kepada istri pada masa menyusu sejak proses inisiasi menyusui dini (IMD). "Saya juga menekankan, terkait dengan kondisi pandemi yang kita hadapi bersama saat ini, masyarakat diharapkan dapat membangun imun tubuh sejak dini melalui ASI," kata dia.

"Tidak ada makanan lain yang aman bagi bayi selain ASI sehingga perlu sekali bagi ibu untuk memperhatikan produksi ASI dengan cara yang tepat seperti mengonsumsi ASI booster alami," sambungnya.

(Baca juga: Sambut Hari Kartini, Dexa Medica Luncurkan Herba Asimor )

Sementara itu, Dexa Medica, yang meluncurkan ASI booster Herba Asimor, mencoba untuk terus mengedukasi pentingnya kebutuhan ASI bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi. "Edukasi ini terus kami lakukan dengan menggandeng media partner Teman Bumil," ujar Head of Marketing Consumer Health Dexa PT Dexa Medica, Irene Dwi Sari Rifaie.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1329 seconds (0.1#10.140)