Berlangsung Virtual, Indonesia Drum Perkusi Festival 2021 Tetap Dibanjiri Peminat

Rabu, 20 Oktober 2021 - 17:47 WIB
loading...
Berlangsung Virtual, Indonesia Drum Perkusi Festival 2021 Tetap Dibanjiri Peminat
Walau dilangsungkan dalam suasana pandemi, namun peserta IDPFest 2021 tetap membludak dan di luar dugaan penyelenggara. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Gelaran Indonesia Drum Perkusi Festival (IDPFest) 2021 telah memasuki babak akhir. Penyelenggara dan dewan juri sudah menentukan lima peserta di masing-masing kategori yang akan bertarung di babak grand final.

Menariknya, walau dilangsungkan dalam suasana pandemi , namun peserta IDPFest 2021 tetap membludak dan di luar dugaan penyelenggara.

Penggagas dan Ketua Penyelenggara, Ekky Soekarno bersyukur IDPFest 2021 tetap diminati banyak peserta meski digelar virtual. Bahkan, jumlah peserta melebihi target.

Baca juga: Harry Styles Tampil di Eternals Jadi Eros, Adik Thanos

Menurutnya, terdapat 92 peserta ajang ini. Dengan detail, 48 peserta untuk Kompetisi Drum Anak. Di kategori Kompetisi Drum Remaja ada 37 peserta. Lalu, ada 7 Peserta di Kompetisi Kolaborasi Drum & Perkusi.

"Ini di luar ekspektasi kami panitia penyelenggara, karena IDPFest 2021 digelar dalam suasana kurang menguntungkan. Enggak nyangka benar peserta yang datang dari seluruh kategori bisa mencapai 92 orang dan 177 video yang masuk ke panitia," ungkap Ekky Soekarno dalam jumpa pers virtual, belum lama ini.

Tahun ini, jalannya acara secara penuh digelar virtual. Ekky sempat mengupayakan agar acara digelar secara langsung, tapi karena kasus Covid-19 masih terbilang tinggi di pertengahan tahun, IDPFest 2021 tak mau ambil risiko.

"Saya enggak dapat izin untuk menggelar acara off air. Satgas Covid bilang lihat September. Tapi akhirnya kami memutuskan tidak ada acara off air. Digelar semua secara virtual. Paling hanya jurinya saja yang live. Kalau peserta semua virtual dengan mengirimkan video," jelas suami Soraya Haque itu.

Grand Final IDPFest akan digelar secara virtual pada 24 Oktober 2021 di Youtube IDPFest dan DSS Music. Dewan juri yang terdiri dari Cendi Keuntungan (Drummer & Drum Instructor), Adi Prasodjo (Perkusionis & Percussion Instructor), dan Denny AJD (Drummer & Drum Instructor) sudah melakukan penjurian dan penilaian secara virtual.

Baca juga: CDC Masukkan Indonesia di Level 3 Daftar Negara Berisiko Covid-19

Melalui ajang IDPFest ini, Ekky berharap bisa menemukan talenta baru untuk industri musik Indonesia. Mengingat mulai menurunnya kondisi pandemi, Ekky berharap bisa menggelar acara serupa secara langsung lagi.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1013 seconds (0.1#10.140)