Desa Wisata Gampong Nusa Bakal Jadi Destinasi Pemahaman Kebencanaan Pertama di Indonesia

Jum'at, 22 Oktober 2021 - 18:17 WIB
loading...
Desa Wisata Gampong Nusa Bakal Jadi Destinasi Pemahaman Kebencanaan Pertama di Indonesia
Desa Gampong bisa dikembangkan seperti wisata kebencanaan lain yang ada di luar negeri, salah satunya seperti di Jepang. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Bencana tsunami di Aceh pada 2004 merupakan salah satu peristiwa yang sulit untuk dilupakan. Seperti halnya Desa Wisata Gampong Nusa yang terletak di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, yang ikut terkena imbas tsunami yang merenggut nyawa ribuan orang.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Menparekraf ), Sandiaga Salahuddin Uno menilai desa wisata Gampong Nusa merupakan desa wisata berbasis kebencanaan pertama yang ada di Indonesia.

"Dari 50 Desa Wisata Terbaik Desa Wisata Indonesia Bangkit, ini merupakan desa pertama yang dikembangkan sebagai desa wisata edukasi pemahaman kebencanaan. Karena ini punya histori atau sejarah tentang tragedi tsunami 2004," kata Sandi, baru-baru ini.

Baca juga: Studi Terbaru: Tabir Surya Bisa Beracun, Setelah 2 Jam Terpapar Sinar Matahari

Menurut Menparekraf Sandi, Desa Gampong bisa dikembangkan seperti wisata kebencanaan lain yang ada di luar negeri, salah satunya seperti di Jepang.

"Kita ingin belajar dari apa yang terjadi dan kearifan-kearifan lokal yang bisa kita edukasikan khususnya kepada sekolah-sekolah. Nanti ini menjadi spot yang rutin dikunjungi sekolah-sekolah seperti Rinkai Disaster Prevention Park yang ada di Tokyo, sehingga masyarakat jadi lebih tahu ada gempa potensi tsunami dan lainnya," jelas Sandi.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Sandiaga mengatakan pihaknya akan membantu dalam hal pendampingan dalam pengembangan desa wisata.

"Kami akan menyusun program yang nantinya juga akan kami diskusikan bersama Pak Bupati (Aceh Besar) dan BI (Bank Indonesia perwakilan Aceh) juga," kata dia.

Dalam kunjungannya ke Gampong Nusa, Sandiaga menyebut desa tersebut memiliki pemandangan yang menakjubkan. Salah satu pemandangan yang ditawarkan desa ini adalah pemandangan Bukit Barisan yang menghampar indahnya.

Baca juga: Drakor Remake Criminal Justice Ini Akan Tayang Perdana 27 November 2021

"Gampong Nusa tadi kita lihat begitu memiliki daya tarik baik wisata alam dan melihat indahnya Bukit Barisan. Selain potensi seni dan budaya. Ada yang sangat penting yaitu merupakan desa yang sangat berpotensi untuk pengembangan wisata edukasi tentang kebencanaan," kata Sandiaga.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2197 seconds (0.1#10.140)