Minum Teh dan Kopi Setiap Hari Bisa Bikin Panjang Umur

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 21:30 WIB
loading...
Minum Teh dan Kopi Setiap Hari Bisa Bikin Panjang Umur
Penelitian yang diterbitkan jurnal BMJ Open Diabetes Research & Care menunjukkan minum teh dan kopi setiap hari bermanfaat bagi kesehatan dan panjang umur. Foto/EveryEvery NG.
A A A
JAKARTA - Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BMJ Open Diabetes Research & Care menunjukkan minum teh dan kopi setiap hari bermanfaat bagi kesehatan dan membantu panjang umur . Sebuah tim peneliti dari Jepang menganalisis efek konsumsi teh hijau dan kopi di antara hampir 5.000 orang dewasa penderita diabetes .

Mereka mengamati risiko kematian dini yang paling rendah di antara peserta yang minum empat cangkir teh dan dua cangkir kopi setiap hari. Manfaat minum teh dan kopi setiap hari dalam jumlah sedang sudah terkenal. Minuman tersebut telah terbukti mengatur berat badan, mengoptimalkan metabolisme, dan meningkatkan kesehatan otak.

Dilansir dari Express, Sabtu (23/10/2021) namun studi baru ini adalah salah satu yang pertama melihat efek kesehatan pada penderita diabetes yang mengonsumsi kedua minuman tersebut setiap hari. Sebagai bagian dari penelitian yang berlangsung selama lima tahun, para peneliti memberikan kuesioner kepada peserta yang telah terdaftar di The Fukuoka Diabetes Registry.

Pertanyaan tersebut melibatkan topik diet dan gaya hidup, termasuk seberapa banyak peserta berolahraga, apakah mereka merokok, berapa banyak mereka tidur, dan berapa banyak teh hijau dan kopi yang mereka konsumsi setiap hari. Pada akhir penelitian, 309 partisipan telah meninggal.


Studi tersebut menyimpulkan bahwa mereka yang minum satu cangkir teh hijau setiap hari memiliki peluang kematian dini 15% lebih rendah, dan mereka yang minum dua hingga tiga cangkir memiliki peluang 27% lebih rendah. Minum empat cangkir memiliki peluang 40% lebih rendah untuk kematian dini.

Ketika berbicara tentang kopi, minum satu cangkir per hari diamati memiliki kemungkinan kematian 19% lebih rendah, dan mereka yang minum dua cangkir kopi per hari dikaitkan dengan kemungkinan kematian dini 41% lebih rendah. Orang-orang dengan kemungkinan kematian dini terendah adalah mereka yang memberi peringkat empat cangkir teh hijau dan dua cangkir kopi setiap hari.

"Kami menemukan bahwa konsumsi teh hijau dan kopi yang lebih tinggi secara signifikan dikaitkan dengan penurunan semua penyebab kematian pada pasien dengan diabetes tipe 2," kata peneliti.

Peneliti mencatat bahwa temuan tersebut menjelaskan faktor gaya hidup lainnya, termasuk diet, olahraga, dan pilihan gaya hidup lainnya. Ahli gizi British Heart Foundation (BHF) Victoria Taylor menjelaskan minum empat atau lima cangkir teh atau kopi sehari seharusnya baik-baik saja bagi kebanyakan orang, terutama dalam hal kesehatan jantung.


"Penelitian menunjukkan bahwa tingkat asupan kafein tidak boleh merusak kesehatan jantung Anda, mempengaruhi kadar kolesterol atau ritme jantung Anda," jelas Taylor.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1827 seconds (0.1#10.140)