Berbekal Smartphone, Tiga Sutradara Andal Ini Bikin Film Pendek Menarik

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 23:11 WIB
loading...
Berbekal Smartphone, Tiga Sutradara Andal Ini Bikin Film Pendek Menarik
Tiga sineas andal, Riri Riza, Jay Subyakto dan Garin Nugroho mempersembahkan karya terbaru mereka melalui film pendek. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Tiga sineas andal, Riri Riza, Jay Subyakto dan Garin Nugroho mempersembahkan karya terbaru mereka melalui film pendek.

Garin Nugroho membuat film pendek berjudul Siklus dengan format berbeda yaitu vertikal. Film ini berkisah tentang seorang gadis penari yang menemukan benda-benda misterius dan melahirkan spirit koreografi baru.

Jay Subiyakto mengangkat budaya Bali melalui film Dedari, yang menceritakan tarian Sanghyang Dedari asal Pulau Dewata yang tergolong sakral dan dianggap sebagai tarian penolak bala atau wabah penyakit.

Baca juga: Saipul Jamil Tak Terima Disebut Pedofil, Ancam Seret ke Jalur Hukum

Sedangkan Riri Riza bercerita tentang seorang gadis yang selalu memandang segala sesuatu dari low angle di film You and Me in Low Angle.

Menariknya, ketiga film pendek tersebut secara keseluruhan pengambilan gambarnya menggunakan smartphone OPPO Find X3 Pro 5G.

Ketiga film pendek ini dapat disimak di Youtube OPPO Indonesia pada 27 Oktober 2021 (Siklus), 29 Oktober 2021 (Dedari), dan 31 Oktober 2021 (You and Me in Low Angle).

"Ketika dihubungi dan diminta membuat film pendek itu sedang gencar pandemi Covid, saya teringat di Indonesia banyak ritual menolak wabah dan merasa pas sekali. Saya lagi di Bali, ada tarian Sanghiang Dedari. Semua sakral tidak boleh sembarang, sehingga akhirnya saya bikin tapi yang jadi kendala tidak boleh di take berulang-ulang," ujar Jay dalam Premier film Cinefinders di kawasan SCBD Sudirman, Jakarta, belum lama ini.

Dia menuturkan, dalam pembuatan film tersebut dibuat seefisien mungkin, dan lebih menonjolkan visual agar penonton punya persepsi sendiri.

"Dalam membuat film, saya senang menggunakan alat praktis, di film ini saya jadi direct fotografi juga. Kamera sangat menunjang, saya tidak mau banyak alat dan jangan sampai menarik perhatian jadi tidak seperti syuting, akhirnya pemeran sangat natural," ungkap Jay.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1298 seconds (0.1#10.140)