Kadar Gula Darah Normal Pria dengan dan Tanpa Diabetes, Cek Segera!

Minggu, 24 Oktober 2021 - 15:05 WIB
loading...
Kadar Gula Darah Normal Pria dengan dan Tanpa Diabetes, Cek Segera!
Kadar Gula Darah Normal Pria dengan dan Tanpa Diabetes, Cek Segera! Foto/Ilustrasi/Getty Images/Oscar Lopera Martos
A A A
JAKARTA - Kadar gula darah normal pria sangat penting dijaga. Sebab, kadar gula darah yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan, terutama berkaitan dengan penyakit diabetes.

Tak hanya yang berlebihan, gula darah rendah juga berakibat buruk bagi tubuh. Kadar gula darah yang rendah dapat menyebabkan hipoglikemia atau suatu kondisi di mana kadar gula dalam darah atau glukosa turun terlalu rendah.

Kondisi hipoglikemia sendiri dapat disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari pengobatan diabetes, mengonsumsi obat-obatan tertentu, mengonsumsi alkohol berlebihan, mengalami penyakit-penyakit tertentu, kelaparan, dan produksi insulin berlebihan.

Seperti kita tahu, gula darah atau glukosa sangat penting perannya bagi tubuh. Sebab, setelah diproses oleh insulin, gula darah akan diubah menjadi energi atau tenaga penggerak bagi sel-sel dalam tubuh. Oleh sebab itu, tubuh akan terasa lemas jika kadar gula darah terlalu rendah.



Lantas sebenarnya, berapa kadar gula darah yang normal, terutama untuk kaum pria?

Melansir dari situs BreatheWellBeing, Minggu (24/10/2021), kadar gula darah normal untuk pria tanpa diabetes yakni di antara 90 hingga 110 mg/dL. Namun, kadar gula darah normal untuk pria dengan diabetes seharusnya berada di antara 80 sampai 130mg/dL sebelum makan.

Secara umum, kadar gula darah biasanya diukur setelah 8 jam makan.

Kisaran gula darah normal untuk orang dewasa yang sehat, baik pria maupun perempuan, adalah >70 mg/dL dan < 100 mg/dL setelah 8 jam puasa. Sedangkan kadar gula darah normal pada orang sehat setelah 2 jam makan adalah antara 90 sampai 100 mg/dL.



Sebenarnya, kadar glukosa darah berubah sepanjang hari. Sebab ada beberapa faktor yang mempengaruhi jumlah kadar gula darah atau glukosa. Di antaranya saja jenis makanan, kuantitas makanan, aktivitas fisik yang dilakoni, obat-obatan tertentu, kondisi medis, merokok, hingga usia.

Bagi Anda yang kadar gulanya tinggi atau rendah, ada lho cara-cara untuk menormalkan kembali kadar gula atau glukosa. Apa saja? Berikut langkah-langkahnya sebagaimana dirangkum dari Healthline:

- Mengonsumsi makanan rendah karbohidrat
- Mengurangi konsumsi karbohidrat olahan
- Mengurangi asupan gula
- Menjaga berat badan yang sehat
- Rutin olahraga
- Makan lebih banyak serat, dan
- Minum lebih banyak air putih.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7110 seconds (0.1#10.140)