5 Makanan dengan Kolesterol Tinggi, Awas Jangan Keseringan Dikonsumsi!

Selasa, 26 Oktober 2021 - 14:14 WIB
5 Makanan dengan Kolesterol Tinggi, Awas Jangan Keseringan Dikonsumsi!
Makanan dengan kolesterol tinggi dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan. Foto Ilustrasi/Health Line
A A A
JAKARTA - Makanan dengan kolesterol tinggi dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan. Apa saja itu?

Mengonsumsi makanan sehat sangatlah dianjurkan. Bahkan sebagian orang kerap menghindari hidangan yang memiliki kandungan kolesterol cukup tinggi.

Baca Juga: Gejala Kolesterol Tinggi di Kaki yang Parah, Bikin Bangun Malam Hari

Kolesterol merupakan zat lilin yang ditemukan pada tubuh dan produk hewani seperti daging, telur, ataupun susu. Kolesterol memainkan peran penting dalam produksi hormon, vitamin D, serta empedu yang diperlukan untuk mencerna lemak.

Kolesterol adalah komponen penting dari setiap sel dalam tubuh, memberikan kekuatan dan fleksibilitas membran sel. Sebuah penelitian mengatakan, mengonsumsi makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi baik untuk tubuh, asalkan dikonsumsi sesuai porsinya.

Lalu, apa saja makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi? Dilansir dari laman Health Line, Selasa (26/10/2021), berikut lima di antaranya.



1. Telur

5 Makanan dengan Kolesterol Tinggi, Awas Jangan Keseringan Dikonsumsi!


Telur salah satu makanan paling bergizi yang bisa Anda konsumsi hampir setiap hari. Makanan ini juga tinggi kolesterol, dengan satu telur besar memberikan 211 mg kolesterol atau 70 persen dari reference daily intakes (RDI).

Sebagian orang menghindari memakan telur karena kolesterolnya yang tinggi. Namun, penelitian menunjukkan bahwa telur tidak berdampak negatif terhadap kadar kolesterol dan makan telur utuh dapat menyebabkan peningkatan HDL (berfungsi sebagai pembersih kolesterol berlebih) yang berguna untuk melindungi jantung.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1387 seconds (10.177#12.26)