Laleilmanino Hadirkan Karya Eksplorasi Budaya Tradisional Bali, Jogja, dan Cirebon lewat Svara

Kamis, 28 Oktober 2021 - 21:50 WIB
Laleilmanino Hadirkan Karya Eksplorasi Budaya Tradisional Bali, Jogja, dan Cirebon lewat Svara
Laleilmanino menghadirkan kisah perjalanan menelusuri beragam budaya dalam video dokumenter bertajuk Svara. Foto/SINDOnews/Thomasmanggalla
A A A
JAKARTA - Trio produser musik Laleilmanino berkolaborasi dengan Joox Indonesia, Visinema, dan Swara Gembira menghadirkan kisah perjalanan menelusuri beragam budaya dalam video dokumenter bertajuk Svara.

Melalui project kali ini, Laleilmanino mencoba mengeksplorasi budaya tradisional sebagai referensi dalam menciptakan lagu yang kali ini terdengar segar berkat pengaruh dari kesenian lokal yang mereka gali di sejumlah kota.

Baca Juga: Ebiet G Ade Rilis Ulang Salah Satu Album Terbaiknya

Video dokumenter ini menggambarkan perjalanan Laleilmanino selama tujuh tahun berkarya dan telah menghasilkan 100 lagu, namun ingin rehat sejenak dari kesibukan mereka di studio musik maupun menciptakan lagu.

Laleilmanino melakukan perjalanan ke empat kota di Indonesia, yakni Denpasar, Yogyakarta, Cirebon, dan Jakarta untuk mengeksplorasi budaya tradisional. Di masing-masing kota, Lale, Ilman, dan Nino bertemu seniman serta budayawan setempat, lalu mempelajari budaya yang ada.

Berawal dari keinginan yang sama antara Joox dan Laleilmanino untuk menghadirkan karya yang berbeda di milestone usia barunya, perjalanan Svara diinisiasi untuk mencari inspirasi dengan cara membuka diri dan menemukan makna dari segala sesuatu yang ada di sekitar kita.



“Setelah 7 tahun berkarya dan membuat 100 lagu, kami ingin menemukan inspirasi bermusik dan perspektif baru. Kolaborasi Svara bersama Joox ini mengajak kami mengunjungi beberapa kota di Indonesia yang memperkenalkan budaya dan tradisi Indonesia kepada masyarakat luas yang kami tuangkan ke dalam 4 lagu Joox Original baru,” ujar Nino seusai perilisan Svara Documentary Perjalanan Bermakna di Balik Nada di Jakarta, Rabu (27/10/2021).

Untuk membawakan empat lagu original mereka, Laleilmanino mengajak empat musisi muda Indonesia yang memiliki genre musik berbeda, yaitu Baila Fauri, Diskoria Selekta, HIVI!, dan Rizky Febian.

Baca Juga: Bangkitkan Industri Musik Anak, Rieka Roslan Perkenalkan Grup Cilik Kazumi

Cerita perjalanan menemukan inspirasi dan cerita di balik empat lagu tersebut juga didokumentasikan dan digambarkan secara apik dalam bentuk lima episode dokumenter oleh Visinema Content.

Seluruh episode dokumenter Svara, Perjalanan Bermakna di Balik Nada dapat disaksikan oleh seluruh pengguna Joox pada 5 November 2021 melalui fitur Joox Live. Sedangkan empat lagunya akan dirilis secara berkala setiap minggu mulai 8 November 2021 di aplikasi Joox.
(tsa)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1860 seconds (10.55#12.26)