Kolesterol Tinggi, Gejala Klasik di Bokong Bisa Berakibat Fatal

Sabtu, 30 Oktober 2021 - 10:00 WIB
loading...
Kolesterol Tinggi, Gejala Klasik di Bokong Bisa Berakibat Fatal
Gejala kolesterol tinggi bisa muncul di bokong. Gejala klasik ini berupa rasa sakit, nyeri, atau kram di bokong saat berjalan merupakan penyakit arteri perifer. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Gejala kolesterol tinggi bisa muncul di bokong. Gejala klasik ini berupa rasa sakit , nyeri , atau kram di bokong saat berjalan merupakan indikasi kolesterol tinggi dan penyakit arteri perifer (PAD).

Dilansir dari Express, Sabtu (30/10/2021) PAD menggambarkan penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah di ekstremitas bawah tubuh.

Ketika seseorang yang menderita PAD berjalan, enam dari 10 orang akan melaporkan nyeri kaki, yang mungkin diperparah dengan rasa pegal di pinggul, paha atau betis.


Gejala-gejala ini terlihat jelas saat berjalan tetapi cenderung hilang dengan sendirinya saat istirahat. Tanda fisik PAD lainnya termasuk atrofi otot, yaitu ketika otot, terutama di kaki terasa lemah.

Kurangnya aliran darah beroksigen yang cukup ke tungkai bawah juga dapat menyebabkan kerontokan rambut pada tungkai dan kaki.

PAD juga dapat bermanifestasi sebagai kulit mengkilap, atau kulit yang dingin saat disentuh. Mungkin ada kekurangan denyut nadi yang terasa di kaki, dan luka serta bisul di daerah itu yang tidak sembuh.


Jari kaki dingin atau mati rasa adalah tanda peringatan lain dari PAD, tetapi diagnosis paling baik diberikan oleh dokter. Pasalnya, risiko serangan jantung dan stroke signifikan ketika Anda mengalami kolesterol tinggi.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2001 seconds (0.1#10.140)