Bunda, Ibu Punya Peran Penting dalam Tumbuh Kembang Anak

Senin, 01 November 2021 - 10:17 WIB
loading...
Bunda, Ibu Punya Peran Penting dalam Tumbuh Kembang Anak
Ibu mempunyai peran penting dalam tumbuh kembang anak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kebahagiaan ibu mampu memengaruhi pola asuh terhadap anak. Foto/Healthway Medical.
A A A
JAKARTA - Ibu mempunyai peran penting dalam tumbuh kembang anak . Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kebahagiaan ibu mampu memengaruhi pola asuh terhadap anak.

Oleh sebab itu menjaga kebahagiaan seorang ibu merupakan salah satu kunci sukses dalam proses perkembangan anak sejak dini, khususnya selama masa pandemi Covid-19 .

Psikolog Klinis Dewasa dan Keluarga, Dessy Ilsanti mengatakan kesehatan dan kebahagiaan seorang ibu sangat penting di masa pandemi yang penuh dengan perubahan dan kekhawatiran.


Diperlukan beberapa tips bagi para ibu untuk mengelola stres. Hal ini bertujuan untuk menjalankan perannya pada proses tumbuh kembang anak.

“Mulai dari mengelola fokus pada hal-hal yang bisa dikontrol dan ada pada masa kini, melakukan self-care, hingga menjaga silaturahmi atau interaksi sosial dalam lingkungan sosial yang dipilih,” kata Dessy saat webinar beberapa waktu lalu.

Dukungan menjadi salah satu sumber penguat bagi para ibu melalui interaksi dan konsultasi antar anggota di dalamnya. Bentuk dukungan terbaik bagi seorang ibu bisa didapatkan melalui komunitas maupun lingkungan terdekatnya.


“Terlebih lagi, dalam menghadapi perubahan di masa pandemi ini, hadirnya sebuah wadah untuk dapat saling berbagi dan saling mendukung antar sesama ibu dalam menyesuaikan perannya di rumah dapat memiliki arti tersendiri bagi para ibu,” tandasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1356 seconds (0.1#10.140)