Kolesterol Tinggi Bisa Sebabkan 6 Penyakit Mematikan, Ini Daftarnya

Kamis, 04 November 2021 - 05:15 WIB
loading...
Kolesterol Tinggi Bisa Sebabkan 6 Penyakit Mematikan, Ini Daftarnya
Kolesterol tinggi bisa menyebabkan penyakit mematikan. Seperti halnya penyakit jantung koroner, stroke, dan penyakit pembuluh darah perifer hingga diabetes. Foto/Pulks.
A A A
JAKARTA - Kolesterol tinggi bisa menyebabkan penyakit mematikan . Seperti halnya penyakit jantung koroner, stroke , dan penyakit pembuluh darah perifer. Kolesterol tinggi juga dikaitkan dengan diabetes dan tekanan darah tinggi .

Dilansir dari WebMD, Kamis (4/11/2021) dalam semua kasus, penyebab utamanya adalah bahwa kolesterol tinggi menyebabkan plak lemak yang menumpuk di arteri di seluruh tubuh.

Untuk mencegah atau mengelola kondisi ini, konsultasikan dengan dokter. Anda juga dapat mengambil beberapa langkah sederhana yang akan membantu menurunkan kolesterol dan risiko penyakit terkait ini.


1. Kolesterol dan Penyakit Jantung Koroner

Risiko utama dari kolesterol tinggi adalah penyakit jantung koroner, yang dapat menyebabkan kematian akibat serangan jantung. Jika kadar kolesterol terlalu tinggi, kolesterol dapat menumpuk di dinding arteri. Seiring waktu, penumpukan ini menyebabkan pengerasan arteri, atau aterosklerosis.

Arteri yang memberi makan jantung dapat menyempit di area tertentu (penyempitan fokal) dan memperlambat aliran darah ke bagian otot jantung. Atau plak kolesterol pecah dan mengapung ke pembuluh darah yang lebih kecil dan menyebabkan penyumbatan sebagian atau total.

Terkadang sel-sel inflamasi pergi ke area plak yang rusak dan menyebabkan penyempitan di sana. Berkurangnya aliran darah dapat menyebabkan nyeri dada yang disebut angina, atau serangan jantung jika pembuluh darah tersumbat sepenuhnya.

2. Kolesterol dan Stroke

Plak kolesterol tidak hanya melapisi pembuluh darah di dalam dan di sekitar jantung, tetapi juga mempersempit arteri tertentu yang menuju ke otak. Jika pembuluh yang membawa darah ke otak tersumbat total, Anda bisa terkena stroke.

3. Kolesterol dan Penyakit Vaskular Perifer
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1832 seconds (0.1#10.140)