Kadar Kolesterol Normal pada Wanita, Ini Kisaran Angkanya

Kamis, 04 November 2021 - 07:05 WIB
loading...
Kadar Kolesterol Normal pada Wanita, Ini Kisaran Angkanya
Kadar kolesterol normal pada wanita wajib diketahui. Ini bertujuan mencegah berbagai macam masalah kesehatan, seperti halnya stroke hingga serangan jantung. Foto/Elmcroft Senior Living.
A A A
JAKARTA - Kadar kolesterol normal pada wanita wajib diketahui. Hal ini bertujuan untuk mencegah berbagai macam masalah kesehatan , seperti halnya stroke hingga serangan jantung .

Kolesterol merupakan zat seperti lilin, lemak yang ditemukan di semua sel di tubuh. Hati membuat kolesterol, dan juga dalam beberapa makanan, seperti daging dan produk susu. Tubuh membutuhkan beberapa kolesterol untuk bekerja dengan baik.

Tetapi jika kolesterol terlalu banyak dalam darah, Anda berisiko tinggi terkena penyakit arteri koroner. Pada wanita, penyebab kolesterol tinggi sangat beragam. Wanita umumnya memiliki kadar kolesterol HDL yang lebih tinggi daripada pria, karena hormon seks wanita yang dikenal sebagai estrogen.

Menurut Institut Kesehatan Nasional, penelitian juga menunjukkan bahwa kadar kolesterol pada wanita bervariasi tergantung pada fase siklus menstruasi, karena perubahan kadar estrogen.


Namun, banyak orang yang tidak mengetahui batasan kadar kolesterol normal. Lantas berapa batasan normal jumlah kolesterol yang bisa ditoleransir tubuh, khususnya pada wanita?

Saat kadar estrogen meningkat, kolesterol HDL juga meningkat, memuncak pada saat ovulasi. Di sisi lain, kolesterol LDL dan kolesterol total menurun saat kadar estrogen meningkat, mencapai titik terendah sebelum menstruasi.

Berikut ulasaanya seperti dilansir dari Medline Plus, Kamis (4/11/2021).

1. Total kolesterol harus 125 hingga 200mg/dL
2. Non-HDL harus kurang dari 130mg/dL
3. LDL harus kurang dari 100mg/dL
4. HDL harus 50mg/dL atau lebih tinggi

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0932 seconds (0.1#10.140)