6 Obat Herbal Penurun Kolesterol, Bawang Putih hingga Biji Rami

Rabu, 03 November 2021 - 18:05 WIB
loading...
6 Obat Herbal Penurun Kolesterol,  Bawang Putih hingga Biji Rami
Obat herbal penurun kolesterol yang mudah didapat, bawang putih dan jahe. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Obat herbal penurun kolesterol bisa menjadi alternatif bagi yang memiliki kolesterol tinggi. Beberapa bahan alami telah diteliti untuk membuktikan bahwa bahan ini dapat mengurangi kolesterol . Banyak orang telah mengalami beberapa keberhasilan dengan pengobatan alternatif dan beberapa suplemen penurun kolesterol.

Sebelum Anda mencoba perawatan alternatif apa pun, tanyakan kepada profesional kesehatan untuk menentukan apakah itu aman untuk Anda. Bahan-bahan dalam beberapa terapi alternatif dapat mengganggu pengobatan tertentu atau memiliki efek samping yang berbahaya. Seperti dikutip Healthline, berikut ini bahan herbal yang bisa menurunkan kadar kolesterol:


1. Bawang Putih

6 Obat Herbal Penurun Kolesterol, Bawang Putih hingga Biji Rami


Bawang putih adalah umbi yang dapat dimakan yang telah digunakan sebagai bahan masakan dan obat-obatan selama ribuan tahun. Bawang putih bisa dimakan mentah atau dimasak. Juga tersedia dalam bentuk suplemen, sebagai kapsul atau tablet.Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol darah, dan memperlambat perkembangan aterosklerosis. Beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi bawang putih selama 1 hingga 3 bulan membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dimuat pada jurnal Nutrition Research and Practice, bawang putih terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Di dalam penelitian tersebut, bubuk bawang putih yang dikonsumsi tidak hanya menurunkan kadar LDL, tapi juga menurunkan total kadar kolesterol darah secara menyeluruh.

2. Jahe

6 Obat Herbal Penurun Kolesterol, Bawang Putih hingga Biji Rami


Sebuah penelitian yang dimuat dalam Saudi Medical Journal melakukan uji coba penggunaan tiga gram bubuk jahe kepada 85 individu selama 45 hari untuk menurunkan kolesterol.Hasil penelitian menyatakan bahwa penggunaan jahe sebagai obat herbal berhasil menurunkan kadar kolesterol secara menyeluruh pada sebagian besar individu. Penelitian lain menggunakan lima gram bubuk jahe kepada 60 pasien yang memiliki kadar kolesterol tinggi dengan kelompok usia 18-70 tahun.

Setelah mengonsumsi 5 gram bubuk jahe setiap hari selama tiga bulan, kadar kolesterol LDL di dalam darah berhasil menurun hingga 17.41% dan kadar kolesterol total hingga 8.83 persen.Tidak hanya itu saja, kadar trigliserida di dalam darah pun ikut menurun, sementara kadar HDL atau kolesterol baik meningkat. Dengan begitu, Anda bisa mencoba menggunakan jahe sebagai obat alami jika ingin menurunkan kolesterol. Selain mengonsumsi jahe dalam bentuk suplemen, Anda juga bisa mengonsumsi bubuk jahe atau menambahkan jahe ke dalam berbagai makanan yang Anda konsumsi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1935 seconds (0.1#10.140)