Tiga Desa Wisata Bersaing di Ajang UNWTO: Momentum Jadikan Pariwisata Indonesia Berkelas Dunia

Kamis, 04 November 2021 - 09:11 WIB
loading...
Tiga Desa Wisata Bersaing di Ajang UNWTO: Momentum Jadikan Pariwisata Indonesia Berkelas Dunia
Tiga desa wisata ditunjuk mewakili Indonesia dalam ajang Best Tourism Villages 2021 dari Organisasi Pariwisata Dunia PBB. / Foto: iNewsTv
A A A
JAKARTA - Tiga desa wisata ditunjuk mewakili Indonesia dalam ajangBest Tourism Villages 2021dari Organisasi Pariwisata Dunia PBB (UNWTO).

Ketiga desa tersebut adalah Desa Wisata Nglanggeran di Gunung Kidul, DIY Yogyakarta. Kemudian, Desa Wisata Tetebatu di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Dan ketiga, Desa Wae Rebo di Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif , Sandiaga Salahuddin Uno memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada tiga desa yang berhasil mewakili Indonesia dalam ajang tersebut.

Baca juga: Kadar Kolesterol Normal pada Wanita, Ini Kisaran Angkanya

"Mudah-mudahan ini menjadi langkah kita bersama dalam menjadikan desa wisata di Indonesia sebagai pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan, dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat," ungkap Menparekraf Sandi dalam keterangan resminya, Kamis (4/11/2021).

Ketiga desa Indonesia itu akan bersaing dengan Murcia dari Spanyol; Alonissos, Westerb Samos, serta Soufli yang mewakili Yunani; dan desa wisata dari berbagai negara di Asia Tenggara.

Lomba desa bertaraf internasional ini dinilai memberikan kebanggaan tersendiri untuk Indonesia, sekaligus sebagai salah satu upaya mempromosikan pariwisata Indonesia di kancah global.

UNWTO akan mengakui dari berbagai desa di seluruh dunia yang paling berkomitmen untuk mempromosikan dan melestarikan warisan budaya serta pembangunan berkelanjutan melalui pariwisata.

Organisasi ini menawarkan kepada negara-negara anggotanya untuk berpartisipasi dengan mengirimkan maksimal tiga desa wisata di tahun 2021.

Keunggulan dari ketiga desa wisata Indonesia yang mengikuti UNWTO, antara lain untuk Desa Nglanggeran berada di kawasan Gunung Api Purba yang menjadi bagian dari Geopark Gunung Sewu. Wisatawan dapattracking(berjalan panjang) dengan menaiki 100 anak tangga agar dapat melihat gunung api purba yang membentang luas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0945 seconds (0.1#10.140)