Sejarah Film Dewasa, Dimulai dari Akhir Abad Ke-19

Kamis, 04 November 2021 - 12:18 WIB
loading...
Sejarah Film Dewasa, Dimulai dari Akhir Abad Ke-19
Sejarah film dewasa diperkirakan dimulai dengan hadirnya film erotis bertajuk Le Coucher de la Mariee (Bedtime for the Bride). / Foto: imdb
A A A
JAKARTA - Sejarah film dewasa diperkirakan hadir kali pertama pada 1896. Film dewasa pertama itu dibuat oleh seorang pria asal Prancis bernama Louis Eugène Pirou.

Dia disebut sebagai pembuat film erotis pertama bertajuk Le Coucher de la Mariee (Bedtime for the Bride), yang menjadi cikal bakal filmdewasa saat ini.

Sebagaimana diketahui, industri perfilman berkembang cukup pesat sejak kali pertama diputar di bioskop pada awal abad ke-20. Perkembangan industri yang cukup signifikan, membuat para sineas memproduksi film dengan corak berbeda, berdasarkan cerita, orientasi pembuatan, hingga genre.

Baca juga: BTS dan Sejumlah Grup K-Pop Dominasi Posisi Teratas Album Billboard Dunia

Film dewasa pun menjadi salah satu yang paling laris manis di pasaran. Bahkan tak dimungkiri jika Indonesia kerap menampilkan film bergenre horor dengan sedikit campuran unsur pornografi, demi menarik minat pasar.

Kembali lagi ke Le Coucher de la Mariee. Film ini diketahui berdurasi 7 menit tanpa suara, dan bercerita tentang pasangan pengantin yang baru saja menikah. Namun, terdapat adegan erotis di dalamnya, salah satunya scene seorang perempuan telanjang, yang diperankan Lois Willy.

Berkat film tersebut, Lois Willy dikabarkan langsung terkenal. Sehingga banyak produser yang berbondong-bondong untuk membuat film dengan adegan serupa.

Kendati demikian, menurut Patrick Robertson dalam buku Film Facts, film berjudul A L'Ecu d'Or ou la Bonne Auberge merupakan produksi film dewasa pertama di dunia.

Film yang diproduksi pada 1908 itu menceritakan tentang seorang prajurit yang kelelahan dan menjalin hubungan dengan seorang pelayan perempuan di sebuah penginapan.

Sementara itu pada 1910, muncul sebuah film Jerman berjudul Am Abend yang berdurasi 10 menit. Dalam film tersebut, diperlihatkan seorang wanita melakukan mansturbasi lalu berhubungan seksual dengan seorang pria.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1256 seconds (10.55#12.26)