Pastikan Varian AY.4.2 Belum Masuk Indonesia, Menkes Budi Fokus Jaga Perbatasan

Senin, 08 November 2021 - 17:45 WIB
loading...
Pastikan Varian AY.4.2 Belum Masuk Indonesia, Menkes Budi Fokus Jaga Perbatasan
Pastikan Varian AY.4.2 Belum Masuk Indonesia, Menkes Budi Fokus Jaga Perbatasan. Foto/Dok.BNPB
A A A
JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjelaskan terkait progres deteksi Covid-19 yang terjadi di Tanah Air. Ia memastikan bahwa varian Covid-19 Delta Plus AY.4.2 belum masuk ke Indonesia meski saat ini Malaysia telah melaporkan penemuan kasus tersebut.

Sebagaimana diketahui, varian AY.4.2 menjadi varian yang menyebabkan lonjakan kasus Covid-19 di berbagai belahan dunia saat ini. Varian ini juga memiliki karakteristik unik dengan kemampuanya untuk menginfeksi manusia dengan sangat cepat.

“Progres deteksi AY.4.2 sudah sampai di Malaysia tapi belum atau tidak terdeteksi di Indonesia sampai sekarang. Kita melakukan genome sequencing antara 1.500 sampai 1.800 tes per bulan dan sampai sekarang kita belum lihat,” terang Menkes Budi, dalam sesi jumpa pers PPKM di channel YouTube Sekertariat Presiden, Senin (8/11/2021).



Oleh sebab itu, Menkes Budi mengatakan bahwa pemerintah akan lebih fokus dalam menjaga perbatasan di Indonesia. Terlebih karena virus AY.4.2 ini sudah sampai di Malaysia di mana banyak orang Indonesia yang pulang pergi baik menggunakan transportasi perjalanan baik darat, laut udara.

“Ini nanti akan kita tingkatkan penjagaannya agar kita bisa menahan potensi masuknya varian ini ke Indonesia. Prinsipnya adalah kita harus bersyukur kasus Covid-19 sudah menurun tapi kita harus tetap waspada dan berhati-hati, terutama dalam menghadapi libur Natal dan Tahun Baru (Nataru),” tuntasnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2079 seconds (0.1#10.140)