Sabet Gelar Pemeran Utama Pria Terbaik di FFI 2021, Begini Kata Chicco Kurniawan

Kamis, 11 November 2021 - 00:17 WIB
loading...
Sabet Gelar Pemeran Utama Pria Terbaik di FFI 2021, Begini Kata Chicco Kurniawan
Keberhasilan Chicco Kurniawan menyabet gelar Pemeran Utama Pria Terbaik di Piala Citra FFI 2021 dipersembahkannya untuk seluruh tim Penyalin Cahaya. / Foto: MPI/Ravie Wardani
A A A
JAKARTA - Industri perfilman Tanah Air tampaknya mampu kembali bangkit di tengah terpaan pandemi Covid-19 . Chicco Kurniawan pun optimistis industri film tak akan mati.

Chicco sendiri merupakan pemenang Piala Citra FFI 2021 kategori Pemeran Utama Pria Terbaik. Dia menyabet gelar tersebut berkat debut film panjangnya, Penyalin Cahaya.

Keberhasilan tersebut oleh Chicco dipersembahkan kepada seluruh tim Penyalin Cahaya. "Aku merasa film itu selalu kerja kolaborasi, jadi piala ini bukan untuk aku tapi untuk Penyalin Cahaya. Ini untuk kita," ujar Chicco di tengah Anugrah Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2021 di JCC, Jakarta, Rabu (10/11/2021) malam.

Baca juga: Prilly Latuconsina dan Angga Yunanda Dinobatkan sebagai Aktor-Aktris Terfavorit FFI 2021

Membintangi film yang diproduksi dalam masa pandemi, Chicco yakin bahwa Piala Citra yang dia raih merupakan bukti bahwa industri perfilman Indonesia masih sangat kuat, dan takkan padam dalam waktu dekat ini.

"Aku percaya ini salah satu tanda bahwa ekosistem film Indonesia, meski dalam masa pandemi, enggak mati," tegasnya.

Berkarier sejak 2017, film Penyalin Cahaya ini merupakan proyek ke-13 Chicco dalam industri perfilman.

Untuk diketahui, pada kategori Pemeran Utama Pria Terbaik FFI 2021, Chicco harus bersaing dengan deretan aktor berkelas, antara lain Iqbaal Ramadan, Jefri Nichol, dan Deddy Mizwar.

Kendati demikian, kemenangan ini tak membuat Chicco besar kepala lantaran dia menyadari bahwa Piala Citra bukanlah kompetisi, melainkan ajang apresiasi.

"Sebenernya aku lihat FFI sebagai ajang apresiasi bukan kompetisi. Jadi aku percaya film ini, aku, atau siapapun yang ada dalamnya udah punya tempatnya sendiri," kata dia.

Baca juga: Dua Film Dokumenter Ini Berjaya di Piala Citra FFI 2021

Sementara itu, Penyalin Cahaya juga menjadi debut film panjang sang sutradara, Wregas Bhanuteja. Film ini pun sempat tayang mewakili Indonesia di ajang Busan International Fantastic Film Festival.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5281 seconds (0.1#10.140)