5 Manfaat Luar Biasa Jamur Tiram yang Jarang Diketahui, Nomor 4 Bisa Cegah Penyakit Mematikan

Minggu, 21 November 2021 - 22:05 WIB
loading...
5 Manfaat Luar Biasa Jamur Tiram yang Jarang Diketahui, Nomor 4 Bisa Cegah Penyakit Mematikan
Manfaat jamur tiram bagi kesehatan ternyata cukup banyak dan jarang diketahui. Diantaranya bisa mencegah risiko penyakit kanker. Foto/Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Jamur tiram merupakan makanan alami yang enak dan menyehatkan. Sebab, jamur tiram umumnya dibudidayakan bebas dari pestisida, pupuk dan bahan kimia lainnya. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran yang kaya manfaat dan menyehatkan ini.

Selain sering dijadikan sebagai makanan atau camilan, jamur tiram juga kerap digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad dan mengandung antioksidan tinggi, nutria, dan senyawa lain dengan nilai obat.

Semua nutrisi ini menjadikan jamur tiram sebagai pilihan makanan yang sehat dan bergizi dengan manfaat kesehatan yang luar biasa. Simak manfaat kesehatannya di bawah ini:

1. Kaya akan Antioksidan

Jamur tiram merupakan sumber senyawa fenolik antioksidan seperti variegatic, ergothioneine, dan asam galat. Antioksidan ini menetralkan radikal bebas, menghambat kerusakan oksidatif, dan dapat membantu mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat).



2. Meningkatkan kesehatan jantung

Mengkonsumsi jamur tiram dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Pasalnya, jamur tiram mengandung beta-glukan yang memiliki efek anti hipertensi dan dapat menurunkan kadar LDL-kolesterol. Selain itu, serat makanan dalam jamur tiram dapat mencegah hiperkolesterolemia (kadar kolesterol tinggi).

3. Menurunkan kadar gula darah

Serat makanan dalam jamur tiram dapat mencegah resistensi insulin. Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Jayewardenepura, Sri Lanka, menemukan bahwa bentuk bubuk kering dan bubuk jamur tiram dengan dosis 50 mg/kg/berat badan mengurangi konsentrasi glukosa darah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2081 seconds (0.1#10.140)