Gemari Foto Dramatis, Fotografer Ini Pernah Sabet Prestasi Bergengsi

Selasa, 23 November 2021 - 02:41 WIB
loading...
Gemari Foto Dramatis, Fotografer Ini Pernah Sabet Prestasi Bergengsi
Hampir semua karya Bunyamin Muhammad Wari bernuansa moody style dengan tone pencahayaan yang unik serta tidak biasa. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Kerap melakukan perjalanan ke berbagai wilayah dan negara, Bunyamin Muhammad Wari atau yang akrab disapa Beny merasakan betul pentingnya mengabadikan sebuah momen.

Pada awalnya, Beny hanya mengabadikan perjalanannya lewat foto-foto biasa. Namun lama-lama Beny mulai tertarik dengan foto landscape dari teman-temannya. Hingga akhirnya, Beny menjadi fotografer landscape profesional seperti sekarang ini.

Ketertarikan Beny terhadap dunia fotografi berawal dari memotret perkembangan sang anak. Tak jarang Beny mengabadikan sang anak dengan background pemandangan alam yang indah. Lantas Beny mulai menjadikan keindahan alam sebagai objek fotonya.

Baca juga: Ian Kasela Berbagi Kisah Pahit, Sepi Job Gara-gara Ketulah Ucapan Sendiri

"Saya pernah mendengar orang bijak berkata, 'langkah kita itu jika tidak kita tulis atau gambar maka ibarat ombak di lautan yang hanya lewat begitu saja, akan terlupakan dan tak pernah diingat'. Sebab itu saya rasa perlu untuk mengabadikannya dalam bentuk karya fotografi," jelas Beny, belum lama ini.

Beny sendiri pernah menyabet juara ketiga Nature & Landscape dari International Photography Awards (IPA), yang merupakan salah satu kompetisi fotografi bergengsi dunia. Membawakan spot foto Indonesia, Beny menjadi landscaper Indonesia yang berhasil mendapatkan penghargaan tersebut.

Sebelumnya, Beny juga pernah dipercaya menjadi Ambassador salah satu portal fotografi terbesar di dunia. Akan tetapi, pria asal Gresik itu mengundurkan diri karena ingin fokus pada situs pribadinya.

Memiliki style tersendiri, Beny menggemari foto-foto dramatis. Hampir semua karyanya bernuansa moody style dengan tone pencahayaan yang unik serta tidak biasa. Agar dapat mewujudkan foto landscape yang berkualitas, Beny gemar melakukan traveling. Dia pernah keliling Jawa, Bali, Lombok, Lampung hingga ke beberapa negara seperti Jepang, Thailand, Malaysia, Europe, Timur tengah, dan Rusia.

Selain teknik mengambil gambar, menurut Beny, memiliki skill melukis dan photo editing menjadi nilai plus bagi seorang fotografer landscape. Pasalnya, di era digital ini, teknologi berkembang sangat cepat dan dinamis.

"Harus selalu mengikuti perkembangan zaman, teknologi dan dunia informatika yang berkembang cepat. Jika kita tidak mengikutinya maka akan terlindas zaman, apalagi di era digital ini," jelas pemilik akun Instagram @benysukasuka itu.

Sementara itu, di masa pandemi seperti sekarang, pria kelahiran 18 Agustus 1974 itu memilih memamerkan karyanya secara daring di laman miliknya benyaminwari.com.

Baca juga: Perempuan Merana 6 Kali Gagal Nikah, saat Jadi Pengantin Penampilannya Sungguh Berbeda

Terakhir, Beny mencoba memberikan saran kepada fotografer yang masih bingung mengambil konsentrasi untuk karyanya. "Ikuti yang kalian paling suka dan tekuni. Suatu saat kalian akan menemukan jalan terangnya," kata dia.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1320 seconds (0.1#10.140)