Desa Wisata Kole Sawangan Diyakini Mampu Bangkitkan Pariwisata Tana Toraja

Selasa, 23 November 2021 - 15:09 WIB
Desa Wisata Kole Sawangan Diyakini Mampu Bangkitkan Pariwisata Tana Toraja
Desa Wisata Kole Sawangan, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan memiliki keindahan alam serta beragamnya adat istiadat. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Desa Wisata Kole Sawangan, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan memiliki keindahan alam serta beragamnya adat istiadat. Dan hal itu pun membuat desa wisata tersebut terpilih sebagai satu di antara 50 desa wisata terbaik se-Indonesia.

Dengan penetapan itu, diharapkan kejayaan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) Tana Toraja yang telah lama menjadi destinasi unggulan setelah Bali bisa kembali lagi.

Demikian sebagaimana disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno ketika menyambangi Desa Wisata Kole Sawangan, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Pamer Foto Mesra dengan Pria Misterius, Velove Vexia Kebanjiran Ucapan Selamat



Pada kesempatan tersebut, Menparekraf Sandi memaparkan tujuan dari digelarnya ajang penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, yakni menggerakkan ekonomi secara berkeadilan di desa-desa yang sangat membutuhkan sentuhan.

Semangat yang digelorakan ADWI 2021 bertajuk Indonesia Bangkit itu diungkapkan Sandiaga dapat dirasakan langsung di Desa Wisata Kole Sawangan.

Menurut Sandi, seluruh masyarakat sangat bersemangat, termasuk ketika dirinya hendak menandatangani prasasti ADWI 2021 di rumah tongkonan, rumah adat orang Toraja.

"Mudah-mudahan ini adalah awal kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif Toraja yang pernah menjadi destinasi nomor dua setelah Bali. Saya harap ini juga menjadi edukasi, menjadi satu daya tarik wisata berbasis budaya dan alam," ujar dia.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung memperlihatkan semangat serupa. Mewakili seluruh masyarakat Toraja, khususnya di Desa Wisata Kole Sawangan, Bupati Theofilus merasa terharu, bangga sekaligus berterima kasih dan menaruh hormat kepada Menparekraf Sandiaga.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1146 seconds (10.55#12.26)