Desa Wisata Kole Sawangan Diyakini Mampu Bangkitkan Pariwisata Tana Toraja

Selasa, 23 November 2021 - 15:09 WIB
loading...
Desa Wisata Kole Sawangan Diyakini Mampu Bangkitkan Pariwisata Tana Toraja
Desa Wisata Kole Sawangan, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan memiliki keindahan alam serta beragamnya adat istiadat. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Desa Wisata Kole Sawangan, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan memiliki keindahan alam serta beragamnya adat istiadat. Dan hal itu pun membuat desa wisata tersebut terpilih sebagai satu di antara 50 desa wisata terbaik se-Indonesia.

Dengan penetapan itu, diharapkan kejayaan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) Tana Toraja yang telah lama menjadi destinasi unggulan setelah Bali bisa kembali lagi.

Demikian sebagaimana disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno ketika menyambangi Desa Wisata Kole Sawangan, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Pamer Foto Mesra dengan Pria Misterius, Velove Vexia Kebanjiran Ucapan Selamat

Pada kesempatan tersebut, Menparekraf Sandi memaparkan tujuan dari digelarnya ajang penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, yakni menggerakkan ekonomi secara berkeadilan di desa-desa yang sangat membutuhkan sentuhan.

Semangat yang digelorakan ADWI 2021 bertajuk Indonesia Bangkit itu diungkapkan Sandiaga dapat dirasakan langsung di Desa Wisata Kole Sawangan.

Menurut Sandi, seluruh masyarakat sangat bersemangat, termasuk ketika dirinya hendak menandatangani prasasti ADWI 2021 di rumah tongkonan, rumah adat orang Toraja.

"Mudah-mudahan ini adalah awal kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif Toraja yang pernah menjadi destinasi nomor dua setelah Bali. Saya harap ini juga menjadi edukasi, menjadi satu daya tarik wisata berbasis budaya dan alam," ujar dia.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung memperlihatkan semangat serupa. Mewakili seluruh masyarakat Toraja, khususnya di Desa Wisata Kole Sawangan, Bupati Theofilus merasa terharu, bangga sekaligus berterima kasih dan menaruh hormat kepada Menparekraf Sandiaga.

"Indonesia Bangkit ini juga sejalan dengan visi misi kami Toraja Bangkit, Produktif dan Tangguh," ucap Theofilus.

Theofilus pun sangat yakin sektor parekraf Tana Toraja akan kembali bangkit. Tana Toraja akan kembali menjadi destinasi wisata tulang punggung kedua setelah Bali.

Baca juga: Sukses dengan Tetap Cinta, Ria Prawiro dan Mark Pattie Kembali Berkolaborasi

"Bukan hanya tangguh bagi masyarakatnya, tetapi akan menjadi pariwisata tangguh di Indonesia. Kami yakin Toraja akan kembali menjadi destinasi wisata unggulan kedua, kami yakin itu bisa terwujud, karena Toraja memiliki potensi wisata yang luar biasa," tutupnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1347 seconds (0.1#10.140)