Cara Mengatasi Kesemutan akibat Kolesterol, Tidak Selalu dengan Obat

Selasa, 23 November 2021 - 16:55 WIB
loading...
Cara Mengatasi Kesemutan akibat Kolesterol, Tidak Selalu dengan Obat
Cara mengatasi kesemutan akibat kolesterol, salah satunya dengan mengonsumsi obat. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Cara mengatasi kesemutan akibat kolesterol , salah satunya dengan mengonsumsi obat. Kesemutan yang dalam bahasa kedokteran parestesia ini sendiri bisa disebabkan berbagai kondisi.

Pada umumnya, kesemutan terjadi karena adanya sumbatan atau pembatasan asupan aliran darah ke daerah saraf. Ini sering kali terjadi pada saat terlalu lama duduk dengan kaki ditekuk, bersandar pada satu sisi saja, atau tidur dengan posisi yang tidak tepat.

Namun, kesemutan juga bisa menjadi salah satu indikasi tingginya kadar kolesterol dalam darah. Pasalnya, kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan aliran darah menjadi kental dan kurang lancar.

Baca juga: Anda Bisa Dukung Perokok Aktif Berhenti Merokok dengan Cara Begini

Apabila hal tersebut dibiarkan, bisa menimbulkan risiko yang lebih fatal, misalnya penyakit jantung.

Lantas, bagaimana cara mengatasi kesemutan akibat kolesterol? Dokter Ellysabet Dian menyebutkan bahwa cara mengatasi kesemutan akibat kolesterol yang dapat dilakukan adalah dengan mengonsumsi obat golongan statin seperti simvastatin.

"Pengobatan yang dilakukan dapat dengan memberikan obat golongan statin seperti simvastatin. Pijatan pada umumnya tidak akan mengakibatkan perubahan atau hanya sementara karena penyebab utamanya tidak diobati," kata dr Ellysabet Dian, seperti dikutip MNC Portal Indonesia dari Alodokter, Selasa (23/11/2021).

Oleh karenanya, dr Dian menyarankan untuk melakukan beberapa upaya agar kadar kolesterol total, LDL serta TG Anda menurun. Cara mengatasi kesemutan akibat kolesterol yang pertama adalah dengan menumbuhkan kebiasaan baik untuk terus aktif bergerak serta rutin berolahraga.

Anda dapat mengatasi kesemutan dengan cara berolahraga rutin, sebab olahraga dapat membantu meningkatkan metabolisme dan melancarkan peredaran darah. Selain itu, olahraga juga dapat membuang kadar kolesterol jahat dalam tubuh (LDL), sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Kemudian, cara mengatasi kesemutan akibat kolesterol selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang serta membatasi konsumsi lemak trans (trans fat). Pasalnya, lemak trans dapat menurunkan kadar kolesterol HDL yang sesungguhnya dibutuhkan untuk kesehatan jantung.

Lemak trans umumnya berasal dari gorengan, makanan berminyak, serta makanan bersantan. Para penderita kolesterol sangat disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan tersebut.

Cara mengatasi kesemutan akibat kolesterol yang terakhir adalah dengan menghindari konsumsi kopi dan alkohol serta makanan berkadar gula tinggi seperti soda, kue, roti, dan lainnya. Pasalnya, alkohol dapat merusak metabolisme vitamin B, dan menyebabkan kekurangan vitamin B1.

Baca juga: Cara Kerja Tes Swab Antigen Berbeda dengan PCR, Akuratkah?

Untuk yang satu ini, dr Dian menyarankan untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayuran agar HDL Anda meningkat dan kadar LDL Anda menurun.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1120 seconds (0.1#10.140)