10 Gejala Kolesterol Tinggi yang Sering Diabaikan, Nomor 5 Picu Serangan Jantung

Kamis, 25 November 2021 - 05:05 WIB
loading...
10 Gejala Kolesterol Tinggi yang Sering Diabaikan, Nomor 5 Picu Serangan Jantung
Gejala kolesterol tinggi sering diabaikan. Padahal, kolesterol yang tak terkendali bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius seperti serangan jantung. Foto/Suny College of Optometry.
A A A
JAKARTA - Gejala kolesterol tinggi sering diabaikan. Padahal, kadar kolesterol yang tidak terkendali bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius seperti serangan jantung .

Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat. Dengan kolesterol tinggi, Anda dapat memiliki timbunan lemak di pembuluh darah Anda.

Akhirnya, endapan ini tumbuh, sehingga sulit bagi darah yang cukup untuk mengalir melalui arteri. Terkadang, endapan tersebut dapat pecah secara tiba-tiba dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke .


Dalam kebanyakan kasus, kolesterol tinggi adalah kondisi diam. Biasanya tidak menimbulkan gejala apapun. Banyak orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka memiliki kolesterol tinggi sampai mengalami komplikasi serius, seperti serangan jantung atau stroke.

Itulah mengapa skrining kolesterol rutin penting dilakukan. Jika Anda berusia 20 tahun atau lebih, tanyakan kepada dokter apakah harus menjalani pemeriksaan kolesterol rutin. Pelajari bagaimana skrining ini berpotensi menyelamatkan hidup Anda.

Berikut gejala kolesterol tinggi dilansir dari WebMD, Kamis (25/11/2021).

1. Obesitas
2. Tekanan darah tinggi
3. Stroke
4. Xanthomas
5. Agnia
6. Diabetes
7. Impotensi
8. Kelelahan
9. Penyakit arteri perifer
10. Rasa sakit atau nyeri

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1748 seconds (0.1#10.140)