Nagita Slavina Langsung Duduk usai Operasi Caesar, Ini Metode Canggih ERACS yang Dipakai

Jum'at, 26 November 2021 - 19:26 WIB
loading...
Nagita Slavina Langsung Duduk usai Operasi Caesar, Ini Metode Canggih ERACS yang Dipakai
Nagita Slavina ditemani Raffi Ahmad usai melahirkan anak keduanya. Foto/IG @raffinagita1717
A A A
JAKARTA - Nagita Slavina baru saja melahirkan anak keduanya. Kondisi istri Raffi Ahmad yang bisa langsung duduk usai menjalani operasi caesar menjadi sorotan. Sebenarnya apa yang dialami Nagita bukan sesuatu yang mustahil.

Karena saat ini ada metode operasi caesar terbaru yang membuat proses penyembuhan usai operasi caesar berlangsung lebih cepat. Bahkan dua jam pascaoperasi pasien bisa langsung jalan. Teknik ini disebut Enhanced Recovery After Cesarean Surgery (ERACS).

Seperti dikutip dari lama Mayoclinic, metode ERACS adalah metide baru caesar yang meminimalisir rasa sakit. Bahkan, metode persalinan ERACS bisa membuat pemulihan ibu lebih cepat daripada operasi caesar biasanya. Metode ini memungkinkan pasien untuk melakukan pergerakan lebih cepat, yaitu sekitar 2 jam pasca operasi caesar dengan nyeri yang minimal.


Ibu yang melahirkan dengan metode ini bisa beraktifitas normal segera setalah operasi seperti berjalan ke kamar mandi, menyusui si kecil, serta duduk dengan nyaman. Nah, inilah keistimewaannya, hampir tidak ada bedanya dengan usai melahirkan dengan cara normal.

Berbeda dengan metode operasi konvensioanl, dengan metode ERACS ini pasien tidak memerlukan puasa, hanya mengatur pola diet pasien. Tujuannya agar pasien tetap bugar sebelum, selama, dan sesudah operasi. Karena kemungkina pasien mual dan muntah pasca operasi juga sangat minim.

Kelebihan lainnya adalah penggunaan jarum anestesi jenis pencan atraumatik ukuran kecil yang meminimilasir rasa nyeri. Agar pasien pulih lebih cepat, dosis pemberian obat anestesi pada protokol ERACS juga dikurangi.


Tentu saja untuk melahirkan dengan metode ini membutuhkan biaya yang lumayan besar. Diperkirakan Nagita dan Raffi merogoh kocek sebesar Rp45 - Rp60 juta untuk biaya persalinan anak keduanya ini.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1611 seconds (0.1#10.140)