Cara Menyembuhkan Sariawan yang Efektif, Bisa Obat dan Suplemen

Senin, 29 November 2021 - 16:26 WIB
loading...
Cara Menyembuhkan Sariawan yang Efektif, Bisa Obat dan Suplemen
Cara menyembuhkan sariawan dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat ataupun suplemen. Foto Ilustrasi/Watsons Health
A A A
JAKARTA - Cara menyembuhkan sariawan dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat ataupun suplemen. Suplemen akan membantu pemenuhan nutrisi yang dibutuhkan karena adanya keengganan penderita mengudap makanan sehat.

Sariawan termasuk penyakit yang sangat menjengkelkan. Rasa perih dan sakit membuat seseorang menjadi sulit berbicara ataupun makan. Namun, tahukah Anda bahwa sariawan ini disebabkan akibat dari peradangan usus?

Baca Juga: Mengenal Infeksi Liver yang Dialami Ameer Azzikra, Putra Mendiang Ustaz Arifin Ilham

Merangkum laman Healthline, Senin (29/11/2021), pembengkakan akibat peradangan membuat tubuh menjadi lebih sulit menyerap nutrisi dari makanan. Kondisi ini juga disebut malabsorpsi. Sariawan membuat penderitanya sangat sulit untuk menyerap asam folat dan vitamin B12.

Jika seseorang menderita malabsorpsi, dia tidak akan mendapat cukup vitamin dan nutrisi dalam makanan. Kondisi ini dapat menyebabkan sejumlah gejala yang berbeda. Sebab, tubuh membutuhkan vitamin dan nutrisi untuk berfungsi dengan baik.

Meski demikian, masyarakat diimbau untuk tetap tenang. Sebab sariawan bisa diobati dengan beberapa cara, di antaranya adalah:



1. Antibiotik

Sariawan dapat diobati dengan antibiotik. Antibiotik membunuh pertumbuhan bakteri berlebih yang menyebabkan peradangan. Antibiotik dapat diberikan untuk jangka waktu dua minggu atau satu tahun.

Tetrasiklin adalah antibiotik yang paling umum digunakan untuk mengobati sariawan. Obat ini tersedia secara luas, murah, dan telah terbukti efektif. Antibiotik spektrum luas lain juga dapat diresepkan, seperti:
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2702 seconds (11.210#12.26)