Mengenal Infeksi Liver yang Dialami Ameer Azzikra, Putra Mendiang Ustaz Arifin Ilham

Senin, 29 November 2021 - 08:09 WIB
loading...
Mengenal Infeksi Liver yang Dialami Ameer Azzikra, Putra Mendiang Ustaz Arifin Ilham
Ameer Azzikra meninggal dunia karena penyakit infeksi liver. Putra mendiang Ustaz Arifin Ilham ini menghembuskan nafas terakhirnya pada Senin (29/11/2021). Foto/Instagram Ameer Azzikra.
A A A
JAKARTA - Ameer Azzikra meninggal dunia karena penyakit infeksi liver. Putra mendiang Ustaz Arifin Ilham ini menghembuskan nafas terakhirnya pada Senin (29/11/2021) di usia 20 tahun.

Sebelum meninggal, Ameer sempat dilarikan ke rumah sakit dan mendapat penanganan intensif di ruang ICU. Kepergian Ameer menyisakan duka mendalam bagi sang istri, Nadzira Shafa.

Meski begitu, ia mencoba ikhlas untuk melepas sang suami untuk selamanya. Sementara itu, infeksi liver menjadi salah satu masalah kesehatan yang cukup mengkhawatirkan. Pada kondisi tertentu, penyakit tersebut bisa menyebabkan kematian.

"Penyakit liver itu bisa muncul karena genetik atau disebabkan oleh berbagai faktor misal virus, tingginya konsumsi alkohol, atau obesitas," jelas Mayo Clinic.

Seiring waktu, kerusakan pada liver dapat menyebabkan jaringan parut atau sirosis yang dapat menyebabkan komplikasi seperti gagal hati, yang mengancam nyawa. Berikut penyebab penyakit liver.


1. Infeksi

Parasit atau virus dapat menginfeksi liver yang menyebabkan peradangan dan dapat mengurangi fungsi liver itu sendiri. Virus yang menyebabkan kerusakan liver dapat menyebar melalui darah atau air mani yang terkontaminasi atau kontak erat dengan orang yang terinfeksi.

Jenis infeksi liver paling umum adalah virus hepatitis termasuk Hepatitis A, Hepatitis B, Hepatitis C.

2. Kelainan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh dapat menyerang tubuh sendiri, ini yang disebut dengan autoimun. Autoimun dapat memengaruhi liver. Contoh dari penyakit hati autoimun adalah hepatitis autoimun, kolangitis bilier primer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2464 seconds (0.1#10.140)