5 Cara Mengobati Gusi Bengkak, Nomor 4 Paling Mudah dan Sederhana

Senin, 29 November 2021 - 20:35 WIB
loading...
5 Cara Mengobati Gusi Bengkak, Nomor 4 Paling Mudah dan Sederhana
Cara mengobati gusi bengkak tidak selalu harus mengkonsumsi obat, cukup dengan berkumur hingga mengoleskan bahan alami yang ada di dapur keluhan dijamin teratasi. Foto/
A A A
JAKARTA - Gusi bengkak disertai nyeri merupakan gangguan mulut yang cukup sering dialami sebagian orang. Gusi yang bengkak biasanya ditandai dengan adanya bagian yang mengalami pembesaran, menonjol dan menggelembung.

Bila tanpa dilakukan tindakan lebih lanjut, maka gusi yang bengkak dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan dan tulang yang menopang gigi.

Penting bagi kita untuk bisa mengetahui penyebab gusi bengkak agar kondisi ini bisa diantisipasi, sekaligus cara mengobatinya agar terhindar dari komplikasi.

Ketika gusi bengkak memengaruhi jaringan dan tulang yang menopang gigi, ada beberapa gejala yang menyertainya, mulai dari nanah di bawah gusi atau gigi, bau nafas tidak sedap, dan rasa tidak enak di dalam mulut. Sebagaimana dilansir Alodokter kondisi ini disebut periodontitis.

Baca Juga: Obat Gusi Bengkak Secara Sederhana dan Alami

Meski terlihat ringan, keluhan gusi bengkak sebaiknya tidak didiamkan hingga berkepanjangan. Diperlukan Langkah penanganan awak untuk meredakan pembengkakan dan gejala yang menyertainya. Berikut ini 5 cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri yang bisa kamu coba di rumah:



1. Berkumur Air Garam
Berkumur air garam merupakan salah satu cara paling mudah untuk mengobati gusi bengkak. Kamu bisa melakukannya dengan membuat larutan garam dengan mencampur air hangat dengan garam.
Selanjutnya, kamu dapat berkumur dengan larutan tersebut selama 30 detik, sebanyak 30 kali sehari. Namun, jangan terlalu sering berkumur dengan larutan garam karena dapat menyebabkan gigi mudah terkikis

2. Berkumur Air Lemon
Lemon mengandung asam yang berguna sebagai alkali alami untuk menyeimbangkan kadar pH di dalam mulut. Caranya mudah, kamu cukup memeras satu buah lemon dan campurkan dengan segelas air hangat. Kemudian kamu bisa menggunakan air lemon sebagai obat kumur. Kamu bisa menggunakan ini sebanyak 3 kali sehari.

3. Berkumur dengan Minyak Nabati
Berkumur dengan minyak nabati, seperti minyak kelapa, juga diketahui dapat meredakan pembengkakan gusi karena mengandung asam laurat yang bersifat antiradang dan antibakteri.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2314 seconds (11.97#12.26)