Diabetes, 5 Sayur Penurun Gula Darah Tinggi yang Ampuh

Selasa, 30 November 2021 - 16:08 WIB
loading...
Diabetes, 5 Sayur Penurun Gula Darah Tinggi yang Ampuh
Diabetes yang menyebabkan gula darah tinggi, bisa diatasi dengan mengkonsumsi sayur secara rutin. Diet bagian utama dari menjaga kadar gula darah yang sehat. Foto/Healthline.
A A A
JAKARTA - Diabetes yang menyebabkan gula darah tinggi , bisa diatasi dengan mengkonsumsi sayur secara rutin. Diet sendiri merupakan bagian utama dari menjaga kadar gula darah yang sehat.

Meskipun faktor-faktor seperti berat badan, aktivitas, stres, dan genetika juga berperan dalam pemeliharaan gula darah, menjalankan diet sehat sangat penting untuk pengendalian gula darah.

Sementara beberapa makanan, termasuk makanan tinggi gula tambahan dan karbohidrat olahan, dapat menyebabkan gula darah tinggi, yang lain bisa mengoptimalkan kontrol gula darah sambil meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Berikut sayur penurun gula darah seperti dilansir dari Healthline, Selasa (30/11/2021).

Baca Juga: Diabetes, 8 Makanan Ini Ampuh Turunkan Kadar Gula Darah dengan Cepat

1. Brokoli

Diabetes, 5 Sayur Penurun Gula Darah Tinggi yang Ampuh




Sulforaphane adalah jenis isothiocyanate yang memiliki sifat penurun gula darah. Bahan kimia tanaman ini dihasilkan ketika brokoli dicincang atau dikunyah karena reaksi antara senyawa glukosinolat yang disebut glukoraphanin dan enzim myrosinase, yang keduanya terkonsentrasi di brokoli.

Penelitian menemukan bahwa hewan, dan manusia telah menunjukkan ekstrak brokoli kaya sulforaphane memiliki efek antidiabetes yang kuat, membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi gula darah serta penanda stres oksidatif.

2. Okra
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1220 seconds (10.55#12.26)