Diabetes, 8 Makanan Ini Ampuh Turunkan Kadar Gula Darah dengan Cepat

Senin, 29 November 2021 - 17:55 WIB
loading...
Diabetes, 8 Makanan Ini Ampuh Turunkan Kadar Gula Darah dengan Cepat
Diet sehat menjadi salah satu kunci mengelola kadar gula darah bagi penderita diabetes. Foto/Cook Healthy
A A A
JAKARTA - Ketika seseorang menderita diabetes , tubuh mereka tidak menghasilkan cukup insulin, atau tidak dapat menggunakan insulin dengan benar, sehingga glukosa menumpuk di dalam darah. Kadar glukosa darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai gejala, mulai dari kelelahan hingga penyakit jantung.

Salah satu cara untuk mengontrol gula darah adalah dengan makan makanan yang sehat. Umumnya, makanan dan minuman yang diserap tubuh secara perlahan adalah yang terbaik karena tidak menyebabkan lonjakan dan penurunan gula darah.

Indeks glikemik (IG) mengukur efek makanan tertentu pada kadar gula darah. Orang yang ingin mengontrol levelnya harus memilih makanan dengan skor IG rendah atau sedang. Seperti dikutip dari laman Medical News Today, berikut beberapa makanan terbaik untuk orang yang ingin menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Baca Juga : 8 Cara Mengatasi Lapar Akibat Diabetes, Nomor 6 Patut Dicoba karena Rendah Gula

1. Roti Gandum Utuh

Diabetes, 8 Makanan Ini Ampuh Turunkan Kadar Gula Darah dengan Cepat


Sebagian besar jenis roti memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, sehingga cepat menaikkan kadar gula darah. Akibatnya banyak roti harus dihindari. Namun, roti yang terbuat 100 persen roti gandum utuh memiliki skor GI rendah, pada 55 atau kurang pada skala IG.

Roti gandum utuh memiliki IG lebih rendah daripada roti gandum utuh biasa karena bahan-bahannya melalui lebih sedikit pemrosesan. Pemrosesan menghilangkan kulit luar berserat dari biji-bijian dan sereal. Serat memperlambat pencernaan dan membantu menstabilkan kadar gula darah.

2. Buah-buahan (Blueberry, Anggur, dan Apel)

Diabetes, 8 Makanan Ini Ampuh Turunkan Kadar Gula Darah dengan Cepat


Kecuali nanas dan melon, kebanyakan buah memiliki skor IG rendah yaitu 55 atau kurang. Ini karena kebanyakan buah mengandung banyak air dan serat untuk menyeimbangkan gula alami mereka, yang disebut fruktosa. Namun, saat buah matang, skor IG mereka meningkat. Jus buah juga memiliki skor IG yang sangat tinggi karena jus menghilangkan kulit dan biji berserat.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1373 seconds (11.97#12.26)