Kadar Kolesterol Orang Indonesia, Ini Kisaran Angkanya

Selasa, 30 November 2021 - 18:52 WIB
loading...
Kadar Kolesterol Orang Indonesia, Ini Kisaran Angkanya
Kadar kolesterol orang Indonesia memiliki kisaran yang berbeda-beda. Hal ini berbeda berdasarkan usia seseorang. Kolesterol dalam darah penting untuk dijaga. Foto/Omega Via.
A A A
JAKARTA - Kadar kolesterol orang Indonesia memiliki kisaran yang berbeda-beda. Hal ini berbeda berdasarkan usia seseorang. Sementara itu, kolesterol dalam darah sangat penting untuk dijaga.

Jika tidak terkontrol dengan baik, maka kolesterol tinggi dapat menyebabkan terjadinya berbagai macam masalah kesehatan . Seperti halnya penyakit jantung dan stroke yang berujung pada kematian.

Dilansir dari Medical News Today, Selasa (30/11/2021), berikut kadar kolesterol orang Indonesia.


1. Orang Dewasa

Kadar kolesterol pada orang dewasa, harus kurang dari 200 miligram per desiliter (mg/dL). Angka ini dianggap sebagai patokan batas kolesterol normal untuk orang dewasa.

Angka antara 200 dan 239 mg/dL sudah masuk dalam batas tinggi, sementara angka 240 mg/dL ke atas dianggap sudah sangat tinggi. Di sisi lain kadar kolesterol Low Density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat harus kurang dari 100 mg/dL.

Level 100 hingga 129 mg/dL dapat menjadi patokan batas normal untuk orang yang tidak memiliki masalah kesehatan. Tetapi angka tersebut mungkin bisa mengkhawatirkan bagi orang yang memiliki penyakit jantung atau faktor risiko penyakit jantung.

Angka 130 hingga 159 mg/dL adalah ambang batas tinggi, sementara 160 hingga 189 mg/dL adalah tinggi. Sedangkan 190 mg/dL atau lebih tinggi dianggap sangat tinggi.

Kolesterol High Density Lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik harus dijaga lebih tinggi. Angka kurang dari 40 mg/dL dianggap sebagai faktor risiko utama penyakit jantung. Angka 41 mg/dL hingga 59 mg/dL dianggap batas rendah. Angka HDL normal adalah 60 mg/dL atau lebih tinggi.


2. Anak-anak
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2456 seconds (0.1#10.140)