Hilangkan Rasa Mual dan Muntah saat Hamil dengan 7 Makanan Ini

Kamis, 02 Desember 2021 - 14:06 WIB
loading...
Hilangkan Rasa Mual dan Muntah saat Hamil dengan 7 Makanan Ini
Rasa mual yang dialami wanita hamil merupakan hal yang wajar, terutama bagi usia kehamilan di trimester pertama atau dikenal sebagai morning sickness. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Rasa mual yang dialami wanita hamil merupakan hal yang wajar. Terutama bagi usia kehamilan di trimester pertama atau dikenal sebagai morning sickness.

Kondisi yang sering dianggap sebagai gejala awal kehamilan dapat disebabkan beberapa hal, di antaranya peningkatan kadar hormon, kehamilan kembar, dan rendahnya kadar gula darah.

Rasa mual dan muntah selama trimester pertama kehamilan tidak memiliki risiko kesehatan pada ibu dan janin. Sejumlah penelitian bahkan mengindikasikan bahwa kondisi ini merupakan tanda kehamilan yang sehat, dengan tingkat keguguran yang lebih rendah dibandingkan ibu hamil yang tidak mengalaminya.

Baca juga: Setahun Berjalan, Begini Perkembangan Vaksinasi Covid-19 di Indonesia

Namun, waspadai jika kondisinya parah dan membuat sang ibu kehilangan selera makan. Paslanya, dikhawatirkan akan mengganggu pemenuhan kebutuhan nutrisi janin yang optimal.

Berdasarkan dari berbagai sumber, berikut 7 makanan yang dapat meredakan mual dan muntah saat hamil:

1. Konsumsi Berbagai Sup

Makan yang berisi sayur dengan beberapa pilihan topping lebih mudah ditoleransi ibu hamil yang gampang mual, karena makanan ini cenderung dicerna dengan cepat oleh lambung. Semangkuk sup ayam dapat mengandung garam dan kalium, sehingga bagus untuk mengganti elektrolit yang hilang setelah muntah.

2. Konsumsi Vitamin B6

Ibu hamil yang mengalami mual dan muntah parah kebanyakan akibat rendahnya kadar vitamin B6 dalam darah. Oleh karenanya mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin B6 dapat mengurangi gejala mual dan muntah saat kehamilan. Vitamin B6 bisa ditemukan pada ikan, sayur dan buah-buahan, ayam, gandum utuh, biji-bijian, susu yang difortifikasi vitamin B6, serta dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3264 seconds (0.1#10.140)