Diperingati Setiap 3 Desember, Begini Sejarah Lahirnya Hari Disabilitas Internasional

Jum'at, 03 Desember 2021 - 10:55 WIB
loading...
Diperingati Setiap 3 Desember, Begini Sejarah Lahirnya Hari Disabilitas Internasional
Peringatan tersebut menekankan pada rehabilitasi untuk memberikan kesempatan yang sama bagi penyandang cacat. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Hari ini, dunia memperingat Hari Disabilitas Internasional . Sejak 1992, peringatan internasional Hari Disabilitas ini diperingati setiap 3 Desember.

Sebagaimana diketahui, saat ini sekitar 1 miliar orang di seluruh dunia hidup dengan disabilitas . Berdasarkan angka tersebut diketahui satu dari setiap tujuh orang di dunia mengalami disabilitas.

Peringatan ini diciptakan untuk meningkatkan kesadaran akan aspek sosial, ekonomi, dan politik serta budaya dari disabilitas.

Baca juga: Kelakuan Ayah Vanessa Angel Bikin Kesal Istri Gilang Dirga

Merangkum dari My Recreation, Jumat (3/12/2021), Hari Disabilitas Internasional memiliki sejarah dan cerita yang menarik di dalamnya.

Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengeluarkan resolusi untuk memperingati hari tersebut untuk mempromosikan kesadaran disabilitas pada 1992. Pada 1981, PBB mendeklarasikan bahwa sepanjang tahun itu sebagai Tahun Penyandang Cacat Internasional.

Peringatan tersebut menekankan pada rehabilitasi untuk memberikan kesempatan yang sama bagi penyandang cacat. Selain itu, ada pula pencegahan kecacatan yang dilakukan dalam peringatan ini.

Peringatan ini terus berlangsung selama satu dekade mulai dari 1983 hingga 1993 yang diberi nama Dekade Internasional Penyandang Cacat.

Sebelum berakhirnya peringatan satu dekade ini, deklarasi dibuat yang menyatakan harus ada hari yang terus menyoroti perlunya kesadaran dan kemajuan disabilitas setiap tahun. Saat itulah, pada 1992 tepatnya 3 Desember ditetapkan sebagai Hari Penyandang Disabilitas Internasional.

Adapun disabilitas paling sederhana didefinisikan sebagai fungsi atau kondisi apa pun yang dianggap terganggu secara signifikan. Kondisi ini termasuk seperti:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1307 seconds (0.1#10.140)