Waspadai Penyakit Komplikasi Akibat Kolesterol Tinggi, Bisa Mematikan

Jum'at, 03 Desember 2021 - 18:43 WIB
loading...
Waspadai Penyakit Komplikasi Akibat Kolesterol Tinggi, Bisa Mematikan
Kolesterol tinggi bisa menyebabkan penyakit komplikasi seperti stroke, tekanan darah tinggi dan serangan jantung. Kondisi ini bisa menyebabkan kematian. Foto/Omega Via.
A A A
JAKARTA - Kolesterol tinggi bisa menyebabkan beberapa penyakit komplikasi seperti stroke , tekanan darah tinggi hingga serangan jantung . Kondisi ini tidak bisa diabaikan lantaran bisa menyebabkan kematian.

Dalam semua kasus, penyebab utamanya adalah bahwa kolesterol tinggi menyebabkan plak lemak yang menumpuk di arteri di seluruh tubuh.

Untuk mencegah atau mengelola kondisi ini, konsultasikan dengan dokter. Anda juga dapat mengambil beberapa langkah sederhana yang akan membantu menurunkan kolesterol dan risiko penyakit terkait ini.

Berikut penyakit komplikasi akibat kolesterol tinggi seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (3/12/2021).

Baca Juga: 5 Camilan dengan Kolesterol Tinggi, Jangan Keseringan Dikonsumsi!

1. Serangan Jantung

Risiko utama dari kolesterol tinggi adalah penyakit jantung, yang dapat menyebabkan kematian akibat serangan jantung. Jika kadar kolesterol terlalu tinggi, kolesterol dapat menumpuk di dinding arteri. Seiring waktu, penumpukan ini menyebabkan pengerasan arteri, atau aterosklerosis.



Adapun gejala serangan jantung yang muncul seperti nyeri dada berat, dada terasa sesak dan berat seperti ditindih, atau dada seperti ditusuk hingga ke belakang dan menjalar ke lengan kiri atau rahang kiri, mual muntah, keringat dingin hingga badan lemas.

2. Nyeri Dada atau Angina

Nyeri dada atau angina merupakan tanda awal dari penyakit jantung. Kondisi ini digambarkan dengan dada yang terasa tidak nyaman, dan dapat disebabkan melakukan beberapa kegiatan, seperti mengangkat barang, berolahraga, dan emosi atau marah.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1517 seconds (10.177#12.26)