Apakah Durian Mengandung Kolesterol? Mitos, Ini Fakta Sebenarnya

Minggu, 05 Desember 2021 - 10:51 WIB
loading...
Apakah Durian Mengandung Kolesterol? Mitos, Ini Fakta Sebenarnya
Apakah durian mengandung kolesterol? Ternyata itu hanya mitos saja. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Apakah durian mengandung kolesterol? Pertanyaan itu seringkali muncul di benak orang yang akan memakan buah ini. Mereka seringkali khawatir buah ini menjadi penyebab naiknya kolesterol dan tekanan darah.Ternyata itu hanya mitos belaka. Buah yang dijukuki King of Fruits alias Raja buah-buahan ini ternyata tidak mengandung kolesterol seperti anggapan selama ini.

Melansir dari laman Helathline, durian tidak mengandung kolesterol. Justru lemak yang ada dalam durian adalah lemak tak jenuh tunggal dan membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida LDL. Buah ini juga memiliki nutrisi yang sangat tinggi. Melansir dari Healthline, di dalam satu cangkir (243 gram) buah durian terdapat beberapa nutrisi seperti karbohidrat, lemak tak jenuh, kalori, serat, protein, magnesium, dan masih banyak yang lainnya.

Buah dengan bau harum yang khas ini juga mengandung beberapa senyawa sehat termasuk antosianin, karotenoid, polifenol, dan flavonoid. Senyawa-senyawa tersebut banyak di antaranya yang berfungsi sebagai antioksidan.Tak hanya buahnya yang banyak manfaat kesehatannya. Semua bagian tanaman durian seperti daun, kulit, akar, dan buah sudah sejak jaman dulu digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk demam tinggi, penyakit kuning, dan kondisi kulit lainnya. Berikut ini manfaat durian bagi kesehatan:

Baca Juga : Tak Hanya Ampuh Turunkan Kolesterol Jahat, Ini Manfaat Lain Alpukat

1. Mengurangi Risiko Kanker

Buah durian kaya akan zat antioksidan yang mampu menetralisir radikal bebas yang memicu kanker . Dalam satu penelitian tabung reaksi, ekstrak durian terbukti dapat mencegah penyebaran sel kanker payudara.

2. Menurunkan Gula Darah



Ternyata durian memiliki indeks glikemik (GI) yang lebih rendah daripada banyak buah tropis lainnya. Ini artinya durian ini dapat menurunkan kadar gula darah.

3. Mengurangi Kadar Kolesterol

Lemak tak jenuh dalam buah durian ini membantu mengurangi kadar kolesterol dan risiko aterosklerosis, atau pengerasan pembuluh darah. Senyawa dalam durian juga bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

4. Melawan Infeksi

Kulit buah durian mengandung senyawa yang memiliki sifat antibakteri dan anti-jamur.

Baca Juga : Dari Durian, Kopi hingga Danau Toba, Wamendag Dukung Sumut Kembangkan Potensi Ekonomi

Nah dari penjelasan di atas, kini Anda tak usah ragu lagi untuk menyantapnya. Tapi ingat, jangan mengonsumsi buah ini berbarengan alkohol.Para ilmuwan percaya bahwa senyawa seperti sulfur dalam durian dapat mencegah enzim tertentu dari memecah alkohol. Ini akan menyebabkan peningkatan kadar alkohol dalam darah yang menyebabkan gejala seperti mual, muntah, dan jantung berdebar.
(wur)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2054 seconds (11.97#12.26)