Vaksinasi Booster Dimulai Awal 2022, Pemerintah Pastikan Efektif Tangani Varian Omicron

Senin, 06 Desember 2021 - 16:15 WIB
loading...
Vaksinasi Booster Dimulai Awal 2022, Pemerintah Pastikan Efektif Tangani Varian Omicron
Pemerintah memastikan program vaksinasi booster efektif tangani varian baru, termasuk Omicron dan akan dimulai awal 2022. Foto/Ilustrasi/
A A A
JAKARTA - Muncul varian baru Covid-19 jenis Omicron ke sejumlah negara di seluruh dunia membuat Indonesia menjadi ketar-ketir. Oleh sebab itu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas (Ratas) meminta agar vaksinasi booster (dosis ketiga) dipersiapkan dengan matang untuk Januari 2021.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan presiden meminta semua jajaranya agar kegiatan vaksinasi booster bisa dimulai awal tahun depan. Maka dari itu, saat ini kementerian sedang melakukan finalisasi terkait dengan dua jenis vaksin booster.

"Jadi kami sedang memfinalkan terkait dengan vaksinasi berbasis Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan juga vaksin non PBI. Ini akan diatur dalam Permenkes dalam waktu yang tidak terlalu lama," kata Menko Airlangga, dalam Keterangan Pers Evaluasi PPKM, Senin (6/12/2021).

Baca Juga: Jokowi Minta Vaksinasi Booster Disiapkan untuk Januari 2022

Terkait dengan efikasi dan uji klinis vaksin ketiga untuk melindungi diri dari varian-varian baru Covid-19, masyarakat diimbau untuk tidak takut dan khawatir. Sebab saat ini pemerintah telah bekerjasama dengan lembaga-lembaga kesehatan internasional.

"Beberapa uji klinis di berbagai negara sudah memberikan rekomendasi termasuk dari lembaga kesehatan internasional untuk dilakukan vaksinasi. Tujuannya agar vaksinasi ini efektif untuk menangani varian-varian baru termasuk Omicron," tuntasnya.

(hri)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2196 seconds (11.210#12.26)