Teknik Hypnobirthing Bantu Ibu Hamil Jalani Persalinan Tanpa Rasa Sakit

Selasa, 07 Desember 2021 - 03:04 WIB
loading...
Teknik Hypnobirthing Bantu Ibu Hamil Jalani Persalinan Tanpa Rasa Sakit
Teknik Hypnobirthing penting dikuasai bidan, guna memandu pikiran ibu agar lebih positif, mampu mengendalikan perasaan, dan menjadi rileks selama persalinan. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - RS Restu Kasih, belum lama ini, menggelar seminar dan talkshow bertema "Nyaman Saat Hamil dengan Teknik Hypnobirthing" dengan narasumber Lanny P.S Kuswandi, CHt, CI yang merupakan pelopor Hypnobirthing di Indonesia.

Melalui kegiatan ini, RS Restu Kasih ingin memberikan dukungan untuk peningkatan kesehatan ibu dan bayi . Acara edukasi Hypnobirthing ini berfokus pada peningkatan kompetensi para bidan dari Puskesmas di berbagai kecamatan dan kelurahan yang tersebar di area Jakarta Timur.

Selain Direktur RS Restu Kasih, dr. Erik Aditya Gunawan MM MARS MTI, seminar ini turut diikuti Ketua Ikatan Bidan Indonesia, Sri Indiah, SST, M.M; dan Kepala Pelayanan Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Timur, dr. Inu Haryo Harimurti sebagai pembicara.

Baca juga: Lagu Mungkin Hari Ini Esok Atau Nanti, Jadi Song of The Year di IMA 2021

"RS Restu Kasih berkomitmen untuk meningkatkan pemahaman kepada para bidan untuk dapat meningkatkan edukasi dan pelayanan kepada ibu hamil, agar dapat tercapainya kesehatan yang lebih maksimal selama proses kehamilan dan persalinan," ungkap dr. Erik Aditya.

"Edukasi ini juga mendukung program pemerintah untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi melalui penyelenggaraan acara seminar dan talkshow Hypnobirthing kepada para bidan khususnya di area Jakarta Timur," lanjutnya.

Mengingat pentingnya peran bidan untuk membantu persalinan dan menjaga kesehatan ibu serta bayinya, seminar ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan bidan untuk menangani ibu bersalin agar lebih rileks, nyaman, dan tidak takut saat melahirkan sang buah hati, serta mendukung bayi lahir selamat serta sehat.

Hypnobirthing sendiri adalah sebuah metode self-hypnosis dan teknik relaksasi yang digunakan dalam proses melahirkan untuk mengurangi rasa takut, kecemasan, pikiran buruk, ketegangan, dan persepsi negatif yang rentan terjadi pada ibu hamil menjelang dan saat proses melahirkan.

Teknik Hypnobirthing menjadi penting untuk dikuasai bidan, guna memandu pikiran ibu agar lebih positif, mampu mengendalikan perasaan, dan menjadi rileks selama proses persalinan.

Bagaimanapun, proses persalinan adalah momen sakral, membahagiakan, dan sangat berarti bagi ibu dan seluruh keluarganya. Akan tetapi, sugesti rasa sakit dalam proses persalinan akibat kontraksi otot-otot rahim dan tekanan pada leher rahim dapat memberikan rasa stres dan nyeri yang luar biasa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1965 seconds (0.1#10.140)