Terjual Rp6,7 Miliar, Novel Edisi Perdana Harry Potter Cetak Rekor Dunia

Jum'at, 10 Desember 2021 - 11:41 WIB
loading...
Terjual Rp6,7 Miliar, Novel Edisi Perdana Harry Potter Cetak Rekor Dunia
Novel edisi pertama Harry Potter karya J.K Rowling laku terjual seharga 471 ribu dolar atau setara Rp6,7 miliar dalam acara lelang di Amerika Serikat. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
DALLAS - Novel edisi perdana Harry Potter karya J.K Rowling laku terjual seharga USD471 ribu atau setara Rp6,7 miliar dalam acara lelang di Amerika Serikat. Harga tersebut sekaligus mencetak rekor dunia sebagai harga termahal untuk sebuah karya fiksi abad ke-20.

Sebagaimana diketahui, novel edisi pertama Harry Potter and The Philosopher Stone edisi Inggris tahun 1997 bersampul berwarna merah yang digambarkan Heritage Auctions sebagai buku yang paling banyak diburu para kolektor seni. Buku itu diterbitkan di Amerika Serikat sebagai Harry Potter and The Sorcerer's Stone.

Menukil Channel News Asia (CNA), Jumat (10/12/2021), berdasarkan keterangan dari rumah lelang di Dallas disebutkan jika novel itu hanya tersedia sekitar 500 eksemplar dengan penjilidan khusus yang dicetak. Terakhir, novel tersebut laku terjual dengan harga USD70 ribu atau sekitar Rp1 miliar.

Baca juga: Baru Saja Rujuk, Kakak Nadya Terkejut Adiknya Dicerai Rizki 2R

Menurut laporan, sebelumnya untuk novel Harry Potter edisi pertama dibanderol dengan harga USD110-138 ribu atau sekitar Rp1,5-1,9 miliar.

Presiden Eksekutif Heritage Auctions, Joe Maddalena mengatakan bahwa buku Harry Potter merupakan salah satu buku termahal yang pernah dijual di abad ke-20. Buku itu dijual seorang kolektor Amerika dan nama pembelinya tidak dirilis.

"Tidak hanya itu buku Harry Potter termahal yang pernah dijual, ini juga karya fiksi komersial abad ke-20 yang paling mahal yang pernah dijual," kata Joe Maddalena dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, menurut penerbit AS Scholastic, penulis JK Rowling melanjutkan untuk menulis enam buku lagi tentang petualangan Harry Potter yang telah terjual sekitar 500 juta copy di seluruh dunia dalam 80 bahasa.

Baca juga: Akhiri Masa Duda, Aktor Ramon Y Tungka Nikahi Cisya

Buku-buku itu diubah menjadi delapan film yang menghasilkan omzet sekitar USD7,8 miliar atau setara Rp112 triliun di box office global.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1357 seconds (0.1#10.140)