Ini Cara Cek Kolesterol Lewat HP, Mudah dan Bisa Dilakukan di Rumah

Rabu, 15 Desember 2021 - 12:19 WIB
loading...
Ini Cara Cek Kolesterol Lewat HP, Mudah dan Bisa Dilakukan di Rumah
Cara cek kolesterol lewat HP bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Dari sekian banyak pilihan, pengecekan kolesterol tinggi menjadi paling menarik untuk dicoba. Foto/Business Insider.
A A A
JAKARTA - Cara cek kolesterol lewat HP bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Dari sekian banyak pilihan, pengecekan kolesterol tinggi menjadi yang paling menarik untuk dicoba. Tes ini menggunakan perangkat yang dikembangkan oleh para insinyur Cornell.

Aplikasi kolesterol untuk diagnostik cepat disebut dengan smartCARD. Aplikasi ini dikembangkan oleh David Erickson, yang merupakan profesor teknik mesin di Cornell University.

Dilansir dari Asme, Rabu (15/12/2021), smartCARD secara optik mendeteksi biomarker dalam setetes darah, keringat, atau air liur.

"Aplikasi kemudian akan membedakan hasilnya menggunakan analisis warna. Tes ini memakan waktu sekira satu menit dari saat seseorang meletakkan setetes darah pada strip tes,” kata Erickson.


Ketika pengguna meletakkan setetes darah pada strip tes kolesterol, darah akan diproses melalui langkah-langkah pemisahan dan reaksi kimia. Strip kemudian siap untuk analisis kalorimetri oleh aplikasi HP.

"Keuntungan melakukan ini melalui telepon adalah kenyamanan dan kemudahan penggunaan. Semua orang sudah tahu cara menggunakan smartphone," jelas Erickson.

Perangkat smartCARD menjepit kamera ponsel. Lampu kilat internalnya memberikan cahaya yang seragam dan tersebar untuk menerangi strip uji yang sesuai dengan pembaca smartCARD. Aplikasi di HP kemudian mengkalibrasi saturasi rona ke nilai warna gambar pada strip tes kolesterol.

Hasilnya akan muncul melalui HP. Ini merupakan hasil kolaborasi Erickson dengan para ilmuwan nutrisi, insinyur listrik, dan bioengineer. Ia mengatakan bahwa perangkat yang dibuatnya memiliki hasil yang akurat.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2134 seconds (0.1#10.140)