7 Penyakit yang Bisa Menyebabkan Kolesterol Tinggi, Nomor 3 Mematikan

Jum'at, 17 Desember 2021 - 05:41 WIB
loading...
7 Penyakit yang Bisa Menyebabkan Kolesterol Tinggi, Nomor 3 Mematikan
Sejumlah penyakit dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Kadar kolesterol yang melonjak merupakan faktor risiko utama penyakit jantung, termasuk serangan jantung. Foto/Everyday Health.
A A A
JAKARTA - Sejumlah penyakit dapat menyebabkan kolesterol tinggi . Kadar kolesterol yang melonjak merupakan faktor risiko utama penyakit jantung , termasuk serangan jantung .

Banyak orang memiliki kolesterol tinggi karena kurangnya aktivitas fisik atau pola makan yang terlalu tinggi lemak jenuh, atau karena riwayat keluarga. Tetapi memiliki masalah kesehatan lain juga dapat menyebabkan kolesterol tinggi, terutama kondisi yang mempengaruhi metabolisme seperti diabetes atau hipotiroidisme.

Adapun penyakit yang diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol meliputi:


1. Penyakit ginjal
2. Kegemukan
3. Diabetes
4. Sindrom cushing
5. Hipotiroidisme
6. Penyakit hati termasuk sirosis dan steatohepatitis non alkohol
7. Alkoholisme

Dilansir dari Everyday Health, Jumat (17/12/2021) kondisi kesehatan ini meningkatkan kadar kolesterol karena berbagai alasan. Pertama, kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah pada dasarnya mencerminkan metabolisme tubuh dari lemak yang dimakan setiap hari.

Diabetes dan gangguan tiroid dapat mempengaruhi cara memetabolisme kolesterol dan trigliserida yang kemudian memiliki efek langsung pada trigliserida dan kadar kolesterol dalam darah. Ketika kondisi ini memperlambat metabolisme, tubuh tidak dapat memproses semua yang dibutuhkannya, termasuk lemak dan kolesterol.

Dalam kondisi seperti alkoholisme dan penyakit hati, hati tidak berfungsi pada kapasitas penuh, sehingga tidak dapat memetabolisme semua lemak jenuh dari makanan dan kolesterol yang diproduksi tubuh. Karena itu, kolesterol menumpuk di dalam darah.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1997 seconds (0.1#10.140)