5 Tanda Gejala Kolesterol Tinggi pada Tubuh, Nomor 3 Paling Umum Dikeluhkan

Jum'at, 17 Desember 2021 - 17:15 WIB
loading...
5 Tanda Gejala Kolesterol Tinggi pada Tubuh, Nomor 3 Paling Umum Dikeluhkan
Tanda gejala kolesterol tinggi pada tubuh sebetulnya tidak ada yang khusus. Tetapi tubuh tetap memberikan sinyal sebagai indikator kadar kolesterol sedang tinggi. Foto/Ilustrasi/Express
A A A
JAKARTA - Tanda gejala kolesterol tinggi pada tubuh sebetulnya tidak ada yang khusus. Tetapi tubuh tetap memberikan sinyal sebagai indikator kadar kolesterol dalam darah Anda sedang tinggi.

Kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat membuka pintu lebar untuk berbagai masalah kesehatan. Salah satunya adalah kolesterol tinggi yang merupakan faktor utama menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Saat kadar kolesterol jahat semakin tinggi, kondisi ini akan menyumbat pembuluh darah dan mengganggu peredaran oksigen ke anggota tubuh tertentu. Inilah yang kemudian menyebabkan rasa pegal atau nyeri pada bagian tubuh tertentu.



Indikator apa saja yang menunjukkan jika kolesterol mulai di atas rata-rata? Berikut 5 tanda-tanda gejala kolesterol tinggi yang patut diwaspadai:

1. Nyeri di Bawah Tungkai Kaki

Gejala pertama yang patut diwaspadai adalah timbulnya rasa nyeri di bawah tungkai kaki. Hal tersebut dikarenakan, ketika kolesterol jahat Anda tinggi membuat arteri pada kaki menjadi tersumbat yang akibatnya darah yang membawa oksigen yang cukup tidak mencapai bagian tungkai kaki.

Kebanyakan orang dengan kadar kolesterol tinggi mengeluhkan rasa sakit di bagian kaki manapun seperti paha atau betis. Rasa sakit terutama dirasakan ketika orang tersebut berjalan, bahkan untuk jarak yang pendek.

2. Kebas pada Area Tubuh

Kolesterol tinggi berhubungan dengan adanya gangguan pada saraf tepi sehingga memicu rasa kebas pada area tubuh tertentu, biasanya area tangan dan kaki akan terasa lebih sensitif untuk merasakan gejala naiknya kadar kolesterol dalam tubuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2261 seconds (0.1#10.140)