Jangan Keliru, Begini Tips Atasi Tantrum pada Anak Anda

Sabtu, 18 Desember 2021 - 13:11 WIB
loading...
Jangan Keliru, Begini Tips Atasi Tantrum pada Anak Anda
Tantrum merupakan ekspresi anak-anak yang frustrasi dengan keterbatasan atau kemarahannya karena tidak bisa mendapatkan apa yang diinginkannya. / Foto: ilustrasi/murebest
A A A
JAKARTA - Tantrum merupakan ekspresi anak-anak yang frustrasi dengan keterbatasan atau kemarahannya karena tidak bisa mendapatkan apa yang diinginkannya.

Mungkin anak Anda tidak memiliki kata-kata untuk mengungkapkan perasaannya, sehingga memicu fustrasi dengan ledakan atau menghasilkan amarah.

Apabila anak Anda lelah, lapar, merasa sakit atau harus melakukan transisi, tingkat frustrasinya kemungkinan akan lebih rendah, dan kemungkinan besar akan mengamuk.

Baca juga: Selain Rebut Gelar Juara, Anggota Iron Pegasus Sabet Best Player Esports Star Indonesia 2

Guna mengatasi hal tersebut, berikut tips yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Konsisten

Tetapkan rutinitas harian sehingga anak Anda tahu apa yang diharapkan. Termasuk waktu tidur siang dan waktu tidur malam. Kemarahan seorang anak bisa menjadi pendek jika dia tidak memiliki cukup waktu istirahat atau waktu tenang.

2. Rencana ke Depan

Jalankan tugas ketika anak Anda tidak mungkin lapar atau lelah. Jika Anda akan menunggu dalam antrean, bawalah mainan kecil atau makanan ringan untuk menemani anak Anda agar tidak bosan.

3. Biarkan Anak Anda Membuat Pilihan yang Tepat

Hindari mengatakan 'tidak' untuk semuanya. Orang dewasa atau orang tua harus memberi anak rasa kontrol, biarkan dia membuat pilihan. "Mau pakai baju merah atau baju biru?", "Apakah kamu ingin makan stroberi atau pisang?", "Apakah Anda ingin membaca buku atau membangun menara dengan balok-balok Anda?"

4. Pujilah Perilaku yang Baik (Reward)

Tawarkan perhatian ekstra ketika anak Anda berperilaku baik. Beri anak Anda pelukan atau beri tahu anak Anda betapa bangganya Anda ketika dia berbagi atau mengikuti arahan.

5. Hindari Situasi yang Mungkin Memicu Tantrum

Jangan berikan mainan anak Anda yang terlalu canggih untuknya. Jika anak Anda meminta mainan atau camilan saat Anda berbelanja, jauhi area dengan godaan ini. Jika balita Anda bertingkah di restoran, pilih tempat yang menawarkan layanan cepat.

Lalu, bagaimana cara terbaik untuk menanggapi amukan anak?

Biasanya, cara terbaik untuk menanggapi amukan adalah dengan tetap tenang. Jika Anda merespons dengan ledakan kemarahan yang keras, anak Anda mungkin akan meniru perilaku Anda atau meneriaki anak untuk menenangkan diri juga cenderung memperburuk keadaan.

Sebaliknya, cobalah untuk mengalihkan perhatian anak Anda. Buku yang berbeda, perubahan lokasi, atau membuat wajah lucu mungkin bisa membantu.

Baca juga: Aurel dan Atta Halilintar Gemas dengan Tingkah Laku Gala Sky

Jika anak Anda memukul atau menendang seseorang atau mencoba lari ke jalan, hentikan perilaku tersebut dengan memegangnya sampai dia tenang. Saat anak Anda tenang, jelaskan aturan Anda dengan tenang.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0854 seconds (0.1#10.140)