Ceramah Buya Yahya soal Hukum Rebutan Harta Waris Anak Yatim Piatu, Sentil Doddy Sudrajat?

Senin, 20 Desember 2021 - 14:04 WIB
loading...
Ceramah Buya Yahya soal Hukum Rebutan Harta Waris Anak Yatim Piatu, Sentil Doddy Sudrajat?
Isi ceramah pemuka agama Buya Yahya agaknya cukup menyentil keluarga mendiang Vanessa Angel, terutama sang ayah Doddy Sudrajat. Foto/Instagram
A A A
JAKARTA - Isi ceramah pemuka agama Buya Yahya agaknya cukup menyentil keluarga mendiang Vanessa Angel , terutama sang ayah Doddy Sudrajat . Sebagaimana diketahui, Doddy menjadi sorotan netizen sejak awal meninggalnya Vanessa Angel dan suami lantaran kerap meributkan soal harta warisan.

Dalam video yang beredar luas, Buya Yahya tampak membahas hukum meributkan warisan apabila suami istri meninggal dunia dan meninggalkan seorang anak yatim piatu. Menurutnya, pihak keluarga dinilai sangat keterlaluan lantaran mencoba untuk mengambil hak seorang yatim piatu.



"Kalau kasus begini, ada perempuan meninggal dunia, suami istri meninggal dunia tabrakan tau-tau hancur. Kemudian punya anak yatim piatu, kalau masih ada ribut harta warisan itu keterlaluan bener nih manusia. Mikir anak kecil ini lho," kata Buya Yahya dalam video yang diunggah ulang oleh akun Instagram @insta.julid, dikutip Senin (20/12/2021).

Buya mengimbau agar pihak yang masih hidup bisa lebih berhati-hati terkait pembagian harta warisan. Ia mengatakan bahwa seharusnya pihak keluarga menjaga harta peninggalan pasangan suami istri yang meninggal dunia tersebut, untuk nantinya diberikan kepada anak yatim piatu setelah ia besar.

Ceramah Buya Yahya soal Hukum Rebutan Harta Waris Anak Yatim Piatu, Sentil Doddy Sudrajat?


Dalam ceramahnya, Buya Yahya juga menyinggung soal izin untuk memuseumkan barang peninggalan almarhum. Sama halnya seperti yang dilakukan oleh Doddy Sudrajat sekeluarga. Buya mengatakan bahwa izin tersebut harus diberikan oleh sang anak. Pemberian izin itu dikatakan haram lantaran ia masih belum dewasa dan belum mengerti hal tersebut.

"Nggak boleh baju ibunya, gelang, apa saja, nggak boleh seenaknya diambil. Kalau pun anak itu mengizinkan, izin anak kecil itu nggak dianggap. Haram kita mengambil hartanya," tegasnya.

Lewat ceramahnya, Buya Yahya juga menegaskan bahwa harta warisan bisa dikatakan sesuatu yang panas bagi seseorang yang berhati kotor. Bahkan ia menyebut, jika ada seseorang meributkan harta warisan, jelas orang itu memiliki hati yang dihuni oleh iblis.



"Ingat, siapa pun yang suka meributkan urusan waris, biasanya memang ada iblis di dalam hatinya. Waris dibagi dengan kelembutan. Tapi, harta waris memang kadang panas bagi yang hatinya kotor," tuturnya.

"Lihat sebagian keluarga, dikuasai dengan iblis. Kalau ingin lihat ahli neraka berjalan di atas bumi, lihatlah orang yang berebut waris. Karena berebut waris bukan saja merebut hak orang lain, tapi juga memutus tali persaudaraan," tandasnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2055 seconds (0.1#10.140)