8 Penyebab Kolesterol Tinggi yang Tak Terduga dan Cara Mencegahnya

Senin, 20 Desember 2021 - 16:11 WIB
loading...
8 Penyebab Kolesterol Tinggi yang Tak Terduga dan Cara Mencegahnya
Penyebab kolesterol tinggi penting untuk diketahui agar bisa mencegahnya. Pasalnya, kolesterol tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Foto/Zenith.
A A A
JAKARTA - Penyebab kolesterol tinggi penting untuk diketahui agar bisa mencegahnya. Pasalnya, kolesterol tinggi merupakan kondisi yang terjadi ketika kadar kolesterol dalam darah Anda cukup tinggi sehingga menyebabkan masalah kesehatan , seperti penyakit jantung dan stroke .

Dikenal juga sebagai hiperlipidemia, kolesterol tinggi tidak menyebabkan rasa sakit dan tidak menimbulkan gejala apapun sampai seseorang mengembangkan penyakit jantung yang parah.

Diproduksi oleh hati, kolesterol adalah zat lemak padat yang ditemukan di setiap sel tubuh, dan dianggap penting untuk banyak fungsi penunjang kehidupan. Ini membantu tubuh membuat hormon dan vitamin D, dan juga ditemukan dalam senyawa yang dibuat tubuh untuk membantu mencerna makanan, seperti empedu.

Menurut CDC, faktor keturunan dan yang berhubungan dengan gaya hidup berkontribusi terhadap kolesterol tinggi, termasuk yang berikut ini seperti dilansir dari Everyday Health, Senin (20/12/2021).


1. Keturunan

Memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi atau penyakit jantung berarti Anda lebih mungkin memiliki kolesterol tinggi. Meskipun relatif jarang, beberapa orang juga membawa kondisi genetik yang disebut hiperkolesterolemia familial, yang menyebabkan kolesterol jahat sangat tinggi pada usia muda. Jika tidak diobati, dapat menyebabkan penyakit arteri koroner dan serangan jantung dini.

2. Usia

Karena perubahan metabolisme yang berkaitan dengan usia, termasuk bagaimana hati menghilangkan kolesterol jahat dari darah, risiko kolesterol tinggi setiap orang meningkat seiring bertambahnya usia.

3. Jenis Kelamin

Wanita di atas 55 tahun atau yang telah menopause cenderung memiliki kadar kolesterol jahat lebih rendah daripada pria. Secara umum, pria cenderung memiliki kadar kolesterol baik lebih tinggi daripada wanita.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1436 seconds (0.1#10.140)