Tips Membuat Spaghetti Goreng ala Penang dengan Topping Unik

Selasa, 09 Juni 2020 - 13:30 WIB
loading...
Tips Membuat Spaghetti Goreng ala Penang dengan Topping Unik
Pernah merasakan Spaghetti Goreng ala Penang? Berbeda dengan spaghetti pada umumnya. Makanan ini menggunakan topping yang beda, seperti Udang dan toge. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Spaghetti bisa menjadi pilihan untuk sarapan, makan siang atau makan malam. Jika biasanya makanan ini dipadukan dengan saus carbonara, bolognese atau aglio e olio, kali ini Anda bisa kreasikan spaghetti yang berbeda, namun tetap nikmat. Namanya Spaghetti Goreng ala Penang.

Spaghetti Goreng ala Penang memiliki isian yang mungkin tidak Anda sangka. Sebut saja udang, kekian, sampai toge. Penasaran sama rasanya? Anda bisa membuatnya di rumah. Seperti dikutip Endeustv, berikut resepnya. (Baca juga: Mengenal Egg Banking, Pembekuan dan Penyimpanan Sel Telur untuk Hamil ).

Bahan-bahan:
200 g spaghetti
3 sdm minyak goreng
5 siung bawang putih, cincang halus
3 sdm minyak cabai
250 g udang ukuran sedang, kupas, sisakan ekornya, belah punggung
100 g kekian, iris tipis
2 butir telur, kocok lepas
2 buah cabai merah besar, iris tipis
150 g toge
3 buah daun bawang, iris tipis

Bahan saus:
2 sdm kecap asin pekat
1 sdt gula pasir
½ sdt merica bubuk
2 sdm air
½ sdt kaldu jamur

Pelengkap:
Jeruk lemon cui

Cara membuat:
Didihkan air dalam panci, rebus spaghetti hingga al dente. Angkat dan tiriskan. Sisihkan. Panaskan minyak dalam wajan, tumis bawang putih hingga harum.

Tambahkan minyak cabai, udang dan kekian. Masak hingga berubah warna. Masukkan spaghetti, aduk rata. Buat lubang di tengah spaghetti, masukkan telur kocok, masak orak arik. Aduk rata bersama spaghetti.

Tambahkan bahan saus yang sudah diaduk merata, cabai merah besar, toge, dan daun bawang. Aduk hingga seluruh bahan matang. Angkat. Sajikan bersama pelengkap.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1411 seconds (0.1#10.140)