Apakah Udang Mengandung Kolesterol? Faktanya Rendah Lemak Jenuh

Selasa, 21 Desember 2021 - 13:17 WIB
loading...
Apakah Udang Mengandung Kolesterol? Faktanya Rendah Lemak Jenuh
Apakah udang mengandung kolesterol? Ini adalah kekhawatiran sebagian orang yang memiliki riwayat kolesterol tinggi sehingga kerap menghindari makanan ini. Foto/Chester Country Cheese.
A A A
JAKARTA - Apakah udang mengandung kolesterol ? Ini adalah kekhawatiran yang menghantui sebagian orang yang memiliki riwayat kolesterol tinggi sehingga kerap menghindari makanan ini.

Dilansir dari Health Line, Selasa (21/12/2021), bertahun-tahun yang lalu, udang dianggap tabu bagi orang yang memiliki penyakit jantung atau sedang menurunkan kadar kolesterol. Hal tersebut disebabkan karena porsi kecil udang seberat 100 gram mengandung sekitar 200 miligram kolesterol.

Untuk orang yang berisiko tinggi terkena penyakit jantung, jumlah tersebut sama dengan jatah kolesterol sehari penuh. Untuk orang normal, 300 miligram adalah batas asupan kolesterol harian. Namun, perlu diketahui bahawa udang sangat rendah lemak jenuh.

Diperkirakan hanya ada sekira 1,5 gram per porsi atau hampir tidak ada lemak jenuh sama sekali. Lemak jenuh diketahui sangat berbahaya bagi jantung dan pembuluh darah. Karena sebagian tubuh manusia dapat secara efisien mengubahnya menjadi kolesterol jahat.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Kolesterol Jahat, Cepat dan Tanpa Obat

Tetapi tingkat kolesterol jahat hanyalah bagian dari yang memengaruhi risiko penyakit jantung seseorang. Studi dari Universitas Rockefeller pada 1996, yang dilakukan dr. Elizabeth De Oliveira e Silva dan rekan-rekannya menguji pola makan berbasis udang.

Dalam penelitian itu sebanyak 18 pria dan wanita diberi makan sekira 283 gram udang dan mendapatkat hampir 600 mg kolesterol. Udang tersebut diberikan setiap hari selama tiga minggu. Pada jadwal bergilir, subjek juga diberi makan dua telur per hari, dengan jumlah kolesterol yang sama, selama tiga minggu.

Mereka diberi makan diet rendah kolesterol dasar selama tiga minggu. Setelah tiga minggu berlalu, diet udang ternyata meningkatkan kolesterol jahat sekira 7 persen dibandingkan dengan diet rendah kolesterol. Namun, udang juga meningkatkan kolesterol baik sebesar 12 persen dan menurunkan trigliserida sebesar 13 persen.

Penelitian ini mengungkapkan bahwa udang memiliki efek positif pada kolesterol karena meningkatkan kolesterol baik dan trigliserida total 25 persen dengan peningkatan bersih 18 persen. Studi 2015 menunjukkan bahwa kadar kolesterol baik yang rendah dikaitkan dengan peradangan total dalam kaitannya dengan penyakit jantung.

Baca Juga: 5 Obat Penurun Kolesterol Tinggi dan Efek Sampingnya

Oleh karena itu, kolesterol baik yang lebih tinggi sangatlah diinginkan. Sementara mengonsumsi telur tampak lebih buruk dari udang, karena meningkatkan kolesterol jahat sebesar 10 persen, sementara meningkatkan HDL hanya sekira 8 persen saja.
(dra)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1329 seconds (10.177#12.26)